Breaking News

Indonesia Bebas Kongsi dengan Siapa Saja asal Pejabat Tak Ambil Keputusan atas Dasar Sogokan


Ekonom Senior, Rizal Ramli, membahas soal kerja sama Indonesia dengan negara-negara lain di dunia.

Menurutnya, tidak ada masalah Indonesia akan kongsi dengan siapa pun tapi tetap harus berpegang pada prinsip politik luar negeri bebas aktif demi kepentingan Tanah Air.

"Sebetulnya tidak masalah Indonesia kerjasama dgn siapa saja, kita harus pegang prinsip politik luar negeri bebas aktif untuk kepentingan nasional kita," kata Rizal Ramli.

Syaratnya, kata Rizal Ramli, pemerintah harus transparan dan tata kelola accountable, serta para pemangku kebijakan tidak ambil keputusan berdasarkan sogokan.

"Syaratnya transparan dan tata kelola accountable, dan pejabat2 tidak ambil keputusan berdasarkan sogokan dan kickback!" kata Rizal Ramil, seperti dinukil Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter @RizalRamli, Kamis, 7 Oktober 2021.

Sebelumnya, Rizal Ramli juga memberikan kritikan terkait rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Rencana pemindahan ibu kota baru menimbulkan polemik sejak awal diusung, terutama untuk masalah finansial.

Pasalnya, untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur, pemerintah harus menjual atau menyewakan untuk jangka panjang gedung-gedung strategis pemerintahan saat ini.

"Kalau ibu kota dipindah, siapa yang mau tinggal di situ? Pejabat dengan gaji pas-pasan juga enggak mau, kecuali pejabat korup," kata Rizal Ramli di YouTube Fadli Zon.

Selain itu, Rizal Ramli juga mengkritik tentang pembiayaan ibu kota baru tersebut.

"Pertama, disebutkan sebagian pakai anggaran pemerintah. Kedua, nanti dibiayai dengan jual kantor-kantor strategis di Sudirman, depan Monad dijual atau disewakan ke swasta dan lalu uangnya dipakai untuk membangun," ujar Rizal Ramli.

Menurut Rizal Ramli, perusahaan real estate tidak tertarik dengan skema pembangunan yang ada dalam rancangan pemerintah.

Rencana tersebut justru memikat hati BUMN China untuk memiliki proyek di Indonesia.

"Nah, yang tertarik untuk itu adalah BUMN China untuk beli tanah di situ. Bangun ibu kota baru tapi penghuninya siapa? Rakyat Indonesia pasti tidak mau menghuni di situ, nanti malah jadi mengundang penghuni. Penghuninya dari RRC (Republik Rakyat China jadi penduduk di situ." ucap Rizal.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ekonom senior Rizal Ramli/Net
Indonesia Bebas Kongsi dengan Siapa Saja asal Pejabat Tak Ambil Keputusan atas Dasar Sogokan Indonesia Bebas Kongsi dengan Siapa Saja asal Pejabat Tak Ambil Keputusan atas Dasar Sogokan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar