Breaking News

GEMPA MAGNITUDO 6,5 GUNCANG TAIWAN, Karyawan Pabrik Chip Terbesar di Dunia Sempat Dievakuasi


Taiwan diguncang gempa dengan magnitudo 6,5 pada Minggu, 24 Oktober 2021.

Dilaporkan Reuters, gempa berpusat di daerah Yilan di kendalaman 66,8 kilometer.

Akibat gempa, Metro Taipei ditutup sebentar untuk pemeriksaan, tetapi dibuka kembali tak lama kemudian.

Operator listrik yang dikelola negara mengatakan jaringan beroperasi seperti biasa. Sementara administrasi perkeretaapian mengatakan sedang melakukan inspeksi untuk mengetahui dampak gempa terhadap rel.

Sementara Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd (TSMC), pembuat chip kontrak terbesar di dunia, mengatakan telah mengevakuasi beberapa pekerja sesaat setelah gempa terjadi.

"Personil di pabrik TSMC tertentu di Taiwan utara dievakuasi selama gempa sesuai prosedur perusahaan, dan semua sistem keselamatan berfungsi normal," katanya dalam sebuah pernyataan singkat.

Menurut Pusat Biro Cuaca (CWB) Taiwan, pusat gempa berada di 22,7 kilo meter (km) selatan Kabupaten Yilan dengan kedalaman 66,8 km, dilansir dari Taiwan News.

Taiwan sendiri menggunakan skala intensitas satu sampai tujuh, yang mengukur sejauh mana gempa dirasakan di lokasi tertentu.

Sejauh ini intensitas gempa 4 dilaporkan di Kabupaten Yilan, Kabupaten Hualien, Kota New Taipei, Kota Taoyuan, Kota Taipei, Kota Taichung, Kabupaten Nantou, Kabupaten Hsinchu, Kota Keelung, Kabupaten Miaoli, dan Kota Hsinchu.

Untuk skala 3, dilaporkan terjadi di Kabupaten Changhua, Kabupaten Yunlin, Kabupaten Taitung, Kabupaten Chiayi, dan Kota Chiayi.

Tingkat intensitas 2 dirasakan di Kota Kaohsiung, Kota Tainan, Kabupaten Pingtung, dan Kabupaten Penghu. Pulau-pulau terluar Kabupaten Lienchiang mengalami tingkat intensitas 1.

Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi. Pada 2016 lalu, lebih dari 100 orang tewas dalam gempa di Taiwan selatan.

Pada 1999, sekitar 2.000 orang juga tewas akibat gempa 7,3 SR yang melanda negara tersebut.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: GEmpa 6,5 Magnitudo Goncang Taiwan/Net
GEMPA MAGNITUDO 6,5 GUNCANG TAIWAN, Karyawan Pabrik Chip Terbesar di Dunia Sempat Dievakuasi GEMPA MAGNITUDO 6,5 GUNCANG TAIWAN, Karyawan Pabrik Chip Terbesar di Dunia Sempat Dievakuasi Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar