Breaking News

Gempa Bali, BPBD: Kondisi Jalan di Tiga Wilayah Tertutup Tanah Longsor, Warga Diminta Waspada


Gempa bumi magnitudo dengan kekuatan (M) 4,8 terjadi di wilayah Bali Timur atau tepatnya 8 km barat laut Karangasem, Sabtu (16/10), pukul 04.18 WITA hari ini.

Akibat guncangan gempa, sejumlah bangunan rusak di dua wilayah di Kabupaten Karangasem dan Bangli, dari informasi sementara yang disampaikan melalui siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tiga orang dilaporkan meninggal dunia, dan 7 orang lainnya mengalami luka berat.

Terkait penanganan darurat, dari informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, penanganan darurat masih berlangsung hingga siang ini.

Sedangkan dari laporan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bangli yang disampaikan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), saat proses penanganan darurat mengatakan, jalan menuju lokasi terdampak gempa tertimbun longsor.

Disebutkan, ada tiga titik longsoran dari Bukit atau Gunung Abang, Desa Trunyan, Kintamani sehingga menghambat proses evakuasi melalui akses darat.

“Sesuai informasi dari KL BPBD Bangli, tim SAR akan menggunakan akses danau untuk proses evakuasi,”terang Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D, dikutip radar bali (jaringan pojoksatu) Sabtu (16/10) melalui siaran pers resmi.

Selain itu, dengan adanya musibah ini, masyarakat juga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan.

Di samping itu, warga diharapkan tidak terpancing oleh informasi hoaks, khususnya yang beredar di media sosial.

“Masyarakat dapat mengakses informasi terkait gempa dan penanganannya dari institusi resmi pemerintah, seperti BNPB, BMKG ataupun BPBD setempat,”kata Abdul Muhari.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pasca gempa Bali, akses jalan tertutup tanah longsor/radar bali
Gempa Bali, BPBD: Kondisi Jalan di Tiga Wilayah Tertutup Tanah Longsor, Warga Diminta Waspada Gempa Bali, BPBD: Kondisi Jalan di Tiga Wilayah Tertutup Tanah Longsor, Warga Diminta Waspada Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar