Breaking News

Dicopot dari Jabatannya, Brigjen Junior Tumilaar Kini Jadi Staf Khusus KSAD


Inspektur Kodam (Irdam) XIII/Merdeka Sulawesi Utara, Brigjen Junior Tumilaar dicopot dari jabatannya buntut surat terbuka yang dikirimkannya kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Pencopotan itu tertuang dalam surat perintah yang dikeluarkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tertanggal 8 Oktober 2021.

Meskipun demikian dalam surat tersebut, Brigjen Junior diminta untuk menjadi staf khusus KSAD.

"Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada 8 Oktober 2021 telah mengeluarkan Surat Perintah Pembebasan dari Tugas dan Tanggung Jawab Jabatan Brigjen TNI JT sebagai Inspektur Kodam XIII Merdeka untuk kemudian ditempatkan sebagai staf khusus Kasad," kata Komandan Pusat Polisi Militer AD Letjen TNI Chandra W. Sukotjo dalam keterangannya, Sabtu, 9 Okotber 2021.

Chandra menjelaskan, berdasarkan hasil klarifikasi terhadap Brigjen Junior Tumilaar yang dilakukan di Markas Puspom AD Jakarta pada 22 hingga 24 September 2021.

Kemudian dari hasil pemeriksaan saksi yang berkaitan dengan pernyataan Brigjen TJunior Tumilaar telah melakukan pelanggaran hukum.

"Telah didapatkan adanya fakta-fakta dan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Brigjen TNI JT," ujarnya.

Pelanggaran hukum yang dimaksud adalah, pelanggaran hukum disiplin militer dan pelanggaran hukum pidana militer sesuai Pasal 126 KUHPM dan Pasal 103 ayat (1) KUHPM.

Oleh sebab itu kata dia, Puspom AD akan melanjutkan proses hukum lebih lanjut terhadap Brigjen TNI Junior Tumilar sehingga harus melepaskan jabatannya.

Diketahui sebelumnya, surat terbuka Brigjen Junior itu berisi persoalan pemanggilan Bintara Pembina Desa (Babinsa) oleh Polresta Manado.

Pemanggilan tersebut berkaitan dengan membela seorang bernama Ari Tahiru yang sedang bersengketa tanah dengan sebuah perusahaan.

Dalam kasus itu Ari sempat ditahan oleh pihak Polresta Manado namun belakangan sudah ditangguhkan penahanannya.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ari sang pemilik lahan bebas dijemput langsung oleh Brigjen Junior Tumilaar yang memakai seragam loreng di Markas Polresta Manado. /Instagram @indonesian_army88
Dicopot dari Jabatannya, Brigjen Junior Tumilaar Kini Jadi Staf Khusus KSAD Dicopot dari Jabatannya, Brigjen Junior Tumilaar Kini Jadi Staf Khusus KSAD Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar