Breaking News

Dewan Syuro PKB Bicara Soal Polemik Menag: Harusnya Pejabat Introspeksi Diri


Pernyataan "Kemenag hadiah untuk NU" turut disoroti Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Anggota Dewan Syuro PKB, KH Maman Imanulhaq meminta Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas memperbaiki pola komunikasi sehingga tidak memicu kontroversi.

"Para pejabat harus melakukan introspeksi diri bahwa pola komunikasi semacam itu jadi sangat rawan disalahpahami publik dan itu merugikan presiden, merugikan pemerintah," kata KH Maman Imanulhaq kepada media, Selasa (26/10).

Mestinya sebagai pejabat negara, Yaqut Cholil yang akrab disapa Gus Yaqut, bisa memberikan statement menyejukkan di tengah upaya moderasi umat beragama di Tanah Air.

"Ini persoalan komunikasi saja. Sebagai pejabat negara yang mengayomi seluruh umat beragama di Indonesia, Menteri Agama seharusnya sadar setiap kata yang keluar dari dirinya menjadi perhatian publik," tambah Kiai Maman.

Oleh sebab itu, Maman yang juga pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi itu, berharap agar Menteri Agama lebih berhati-hati dalam melakukan komunikasi publik.

Kiai Maman sebenarnya memahami alibi Gus Yaqut guna memberikan motivasi kepada para santri dan pesantren di bawah payung besar Nahdlatul Ulama (NU). Apalagi lontaran kalimat itu dikemukakan pada forum internal keluarga besar NU.

"Dari redaksional yang dikatakan beliau 'hadiah untuk NU' tidak an sich memberikan Kemenag untuk NU. Namun NU dengan sifat inklusif serta moderatnya, diberikan kesempatan mengelola Kemenag sehingga bisa menjadi pelindung bagi kelompok dan agama-agama lain," kata Kiai Maman.

Anggota Komisi VIII DPR RI ini pun mengaku mengenal Gus Yaqut. Menurut Maman, Ketua GP Ansor itu punya komitmen yang luar biasa terhadap upaya moderasi umat beragama.

Statement yang kemarin keluar pun tidak serta merta mendegradasi kerja-kerja yang telah dilakukannya dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

"Ini hanya persoalan komunikasi saja," kata Maman menutup.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Anggota Dewan Syuro PKB, KH Maman Imanulhaq/Net
Dewan Syuro PKB Bicara Soal Polemik Menag: Harusnya Pejabat Introspeksi Diri Dewan Syuro PKB Bicara Soal Polemik Menag: Harusnya Pejabat Introspeksi Diri Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar