Breaking News

Capai 213 Cm, Wanita Turki Pecahkan Rekor Tertinggi di Dunia Versi Guinness World Record


Rumeysa Gelgi dari Turki telah mengklaim gelar Guinness World Record sebagai wanita tertinggi di dunia yang masih hidup.

Diinformasikan, tinggi dari wanita Turki ini mencapai 7 kaki, 0,7 inci atau kurang lebih 213 cm, tertinggi di dunia menurut Guinness World Record.

Tercatat bahwa Rumaysa Gelgi ini meraih gelar perempuan tertinggi menurut Guinness World Records pada tahun 2014 saat masih berusia 17 tahun.

Saat itu, dia masih remaja, karenanya gelar yang diraihnya merupakan remaja tertinggi yang masih hidup di dunia untuk klasifikasi perempuan.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Al-Arabiya pada 14 Oktober 2021, perawakannya yang tinggi disebabkan oleh suatu kondisi yang disebut sindrom Weaver.

Suatu kondisi sangat langka yang menyebabkan pertumbuhan seseorang menjadi sangat cepat.

Guinness World Record juga menyebut adanya kelainan lain yaitu keadaan pematangan tulang.

Meraih gelar Guinness World Record sejak 2014, Rumaysa Gelgi memakai gelarnya untuk alasan advokasi.

Dia hendak memberikan informasi atau pendidikan orang lain mengenai kondisi medis langka seperti dirinya.

“Setiap kekurangan dapat diubah menjadi keuntungan bagi diri sendiri, jadi terimalah diri Anda apa adanya," katanya.

Dia menginginkan setiap orang yang memiliki kondisi sama bisa menyadari potensi diri dan melakukan hal terbaik.

Rumeysa Gelgi biasanya memakai kursi roda untuk bergerak, tetapi dia masih bisa berjalan menggunakan alat bantu.

Dia mengatakan tinggi badannya membuat orang tertarik ketika melihatnya di jalan.

Namun, kebanyakan dari mereka merupakan orang baik, memberinya semangat dan dukungan saat pertama kali bertemu.

Di waktu senggang Rumeysa suka keluar untuk makan bersama keluarganya, dan menjadikan berenang sebagai salah satu hobi untuk bersantai.

Craig Glenday, editor-in-chief di Guinness World Records, mengatakan merupakan suatu kehormatan untuk memiliki Rumeysa kembali dalam buku rekor.

“Semangat dan kebanggaannya yang tak tergoyahkan untuk menonjol dari kerumunan adalah sebuah inspirasi,” ujarnya.

“Kategori wanita tertinggi yang masih hidup bukanlah kategori yang sering berpindah tangan, jadi saya bersemangat untuk membagikan berita ini kepada dunia," sambungnya.

Dia mengatakan rekor orang tertinggi ini menarik, karena kategori pria pun dipegang oleh warga Turki, yaitu Sultan Kosen dengan tinggi 251 cm.

"Ini adalah kejadian langka dalam 67 tahun sejarah kami. Terakhir kali kedua pemegang memiliki kewarganegaraan yang sama adalah pada tahun 2009," ujarnya.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Wanita asal Turki, Rumeysa Gelgi, menjadi wanita tertinggi di dunia menurut rekor Guinness World Record, mencapai 213 cm. /Tangkapan layar YouTube.com/Guinness World Record
Capai 213 Cm, Wanita Turki Pecahkan Rekor Tertinggi di Dunia Versi Guinness World Record Capai 213 Cm, Wanita Turki Pecahkan Rekor Tertinggi di Dunia Versi Guinness World Record Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar