Breaking News

Barisan Celeng Dukung Ganjar Bikin Panas Internal PDI Perjuangan


Kader PDIP pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 makin membuat panas internal Partai PDIP usai disebut celeng oleh Ketua DPD PDIP Jateng Bambang 'Pacul' Wuryanto. 

Mereka kini membentuk logo celeng hingga mengaku bakal berjuang untuk menangkan Ganjar.

Sebetulnya, ramainya 'banteng' dan 'celeng' itu diawali ketika salah satu Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo, Albertus Sumbogo, dan beberapa pengurus mendeklarasikan diri siap mendukung Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024. Deklarasi itu ternyata disorot oleh Kader PDIP, Bambang 'Pacul'.

Bambang menilai, selain keluar dari barisan PDIP, sikap para kader tersebut juga bak celeng. Menurutnya sikap mereka tidak menggambarkan kader banteng.

"Adagium di PDIP itu yang di luar barisan bukan banteng, itu namanya celeng. Jadi apa pun alasan itu yang deklarasi, kalau di luar barisan ya celeng," tegasnya

Ternyata sebutan celeng Bambang 'Pacul' ini berbuntut panjang. Para kader yang tidak terima itu bahkan membuat logo untuk menandai diri sebagai celeng yang berjuang.

Kader PDIP Pendukung Ganjar Bikin Logo Barisan Celeng
Para kader PDIP pendukung Ganjar mengamini sebutan Celeng dari Bambang 'Pacul'. Mereka bahkan sampai membuat logo untuk menandai diri.

Logo yang dibuat bergambar celeng berwarna merah dengan taring panjang beserta background warna hitam. Dalam logo itu juga terdapat tulisan 'Barisan Celeng Berjuang'.

Gambar kepala celeng berwarna merah yang kini viral di media sosial itu, ternyata dibuat sendiri oleh salah satu penggerak Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Kabupaten Purworejo sekaligus kader PDIP, yakni Eko Lephex.

"Gambar yang buat saya, Mas. Celeng kan lagi viral," kata Eko saat dihubungi detikcom, Selasa (12/10/2021).

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo sekaligus ketua DPC SGI Purworejo Albertus Sumbogo sebenarnya merasa prihatin atas sebutan 'celeng' yang dikatakan oleh Bambang 'Pacul' Wuryanto.

Meski demikian, menurutnya, adanya hal tersebut justru bisa menjadi semangat para pendukung Ganjar untuk tetap berjuang.

"Meskipun dianggap celeng tetap harus berjuang untuk kebenaran dan nuraninya," ucap Sumbogo.

Logo Celeng Gambarkan Perjuangan

Lantas apa sebetulnya makna logo celeng? Eko Lephex, menjelaskan makna dari logo celeng bertaring yang dibuat pihaknya beserta para pendukung Ganjar. Dia menyebut logo itu gambaran perjuangan.

"Barisan celeng yaitu kita-kita kader PDIP yang ingin selalu berjuang untuk kebenaran demi besarnya partai mengusung Ganjar Pranowo presiden 2024," kata Eko.

Eko, yang juga kader PDIP Purworejo, membuat logo celeng dengan latar warna merah, hitam, dan putih. Gambar celeng itu pun dibuat dengan taring panjang ke atas dengan tulisan 'Barisan Celeng Berjuang'.

"Taring panjang agar kita tetap semangat berjuang tidak takut rintangan apa pun. Warna merah artinya kader PDIP arus bawah yang berani memperjuangkan pilihannya, sedangkan putih simbol kebenaran hati nurani kami," jelasnya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo sekaligus Ketua DPC SGI Purworejo Albertus Sumbogo. Sumbogo menyebut ucapan Bambang Pacul soal celeng itu justru membakar semangat dia dan teman-teman pendukung Ganjar maju nyapres.

"Teman-teman membuat satire atau meme itu selain tersinggung," kata Sumbogo.

"Meskipun dianggap celeng tetap harus berjuang untuk kebenaran dan nuraninya," lanjut dia.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: dok Eko Lephex
Barisan Celeng Dukung Ganjar Bikin Panas Internal PDI Perjuangan Barisan Celeng Dukung Ganjar Bikin Panas Internal PDI Perjuangan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar