Breaking News

Amien Rais: Dulu SBY 'Bersama Kita Bisa', Sekarang Jokowi 'Apa Saja Kita Bisa'


Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais melihat demokrasi di Indonesia kini bergerak ke arah yang berbahaya.

Amien Rais juga menilai demokrasi Indonesia meluncur ke bawah ke arah kubangan otoritarianisme.

Hal tersebut disampaikan Amien Rais saat diwawancarai Karni Ilyas dan diunggah di kanal Youtube Karni Ilyas Club, Jumat 8 Oktober 2021.

"Jadi ada democratic backsliding. Ini bukan fenomena di Indonesia saja tapi fenomena di negara lain juga. Jadi demokrasi yang meluncur ke bawah, ke arah kubangan otoritarianisme," kata Amien Rais.

Tak tanggung, Amien Rais melihat ada upaya sistematik yang berusaha mengubur demokrasi di Indonesia.

Pasalnya, kekuatan eksekutif sekarang dilihat cukup besar daripada legislatif. Dan hal ini seolah membuat eksekutif mendikte legislatif.

"Bayangkan eksekutif bisa berbuat apa saja dan diamini oleh DPR, MPR, dan DPD," katanya.

Pendiri Partai Ummat ini lantas membandingkan kekuasaan saat dipegang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi).

"Bedanya Pak SBY dengan Jokowi sekarang, kalau SBY dulu slogannya Bersama Kita Bisa. Kalau sekarang ini, apa saja kita bisa," kata mantan ketua politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Amien Rais pun mengakui sangat sulit untuk menahan itu semua. Pasalnya, koalisi politik sekarang memiliki dukungan dana yang tak terbatas.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Kolase potret Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi. /Pikiran Rakyat
Amien Rais: Dulu SBY 'Bersama Kita Bisa', Sekarang Jokowi 'Apa Saja Kita Bisa' Amien Rais: Dulu SBY 'Bersama Kita Bisa', Sekarang Jokowi 'Apa Saja Kita Bisa' Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar