Breaking News

150 Tahun Menghilang Burung Misterius Shelley Tiba-tiba Muncul, Pertanda Apa?


Seekor burung hantu raksasa yang tidak pernah muncul di alam liar selama 150 tahun akhirnya terlihat di hutan hujan Ghana.

Kemunculannya dianggap sebagai pertanda harapan akan kelangsungan hidup spesies yang sangat rentan ini.

Burung hantu elang Shelley tersebut terlihat di hutan Atewa pada 16 Oktober oleh ahli biologi Imperial College London, Joseph Tobias dan ahli ekologi Robert Williams.

Terakhir kali Shelley terlihat di Ghana  tahun 1870-an atau tahun yang sama saat pertama kali ia menunjukkan diri.

Sejak itu burung hantu nokturnal ini dianggap bak Cawan Suci bagi para pengamat burung di Afrika.

Meskipun ada banyak kabar penampakan Shelley dalam beberapa dekade terakhir di Afrika Tengah dan Barat, juga Angola dan Liberia, semuanya tidak terkonfirmasi.

Kabar kemunculannya pun lebih sering dilaporkan “katanya". Burung hantu elang Shelley dikenal dengan suara 'kooouw' yang khas dengan nada lebih tinggi daripada suara burung hantu serupa.

Satu-satunya foto Shelley dalam puluhan dekade diketahui merupakan dokumentasi yang diambil dari penangkaran di Kebun Binatang Antwerpen Belgia pada tahun 1975.

Sementara itu, beberapa klaim menyebut foto tahun 2005 yang diambil di Kongo menjadi dokumentasi terakhir Shelley. Namun tak sedikit yang menyebutnya terlalu berpiksel.

Dikutip Galamedia dari DailyMail pekan ini, mengingat kelangkaannya dengan perkiraan populasi hanya beberapa ribu, Shelley dianggap rentan punah.

Soal penampakan  yang terbaru, berawal dari para peneliti yang tengah mempelajari dampak biologis dari pembangunan pertanian di Afrika.

Anggota tim proyek yang didanai pemerintah Inggris itu tanpa diduga menyaksikan kemunculan Shelley. 

Mereka rupanya tidak sengaja mengganggu sang burung yang tengah bertengger di sarangnya di siang hari.

“Burung hantunya sangat besar, awalnya kami mengira itu elang,” kata Dr. Tobias.

“Dia bertengger di dahan rendah dan ketika kami mengangkat teropong, kami sangat kaget. Tidak ada burung hantu lain di hutan hujan Afrika yang sebesar itu,” lanjutnya.

Shelley yang bertengger diam selama 10–15 detik sebelum terbang menjauh berhasil diabadikan.

Tobias dan tim yakin burung yang mereka lihat memang Shelley. Ia dikenali dari mata hitamnya yang khas, paruh berwarna kuning, ukuran besar dan pola bulu yang bergaris.

“Ini penemuan yang sensasional,” kata pakar keanekaragaman hayati Nathaniel Annorbah dari Universitas Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan Ghana.

“Kami mencari burung misterius ini selama bertahun-tahun di dataran rendah barat, jadi kemunculannya di sini di hutan puncak pegunungan wilayah timur merupakan kejutan besar.”

Burung hantu elang Shelley pertama kali dideskripsikan pada tahun 1872 oleh ahli ornitologi Inggris terkenal Richard Bowdler Sharpe.

Kurator koleksi burung Natural History Museum London ini memperoleh spesimen langka Shelley dari pemburu lokal di Ghana.

Kelompok lingkungan hidup termasuk Friends of Atewa menyerukan agar hutan Atewa ditetapkan sebagai taman nasional untuk memastikan perlindungan Shelley.

Kemunculannya yang terbaru dianggap sebagai pertanda harapan besar akan kelestariannya.

Atewa saat ini terancam oleh pembalakan liar dan penambangan bauksit  yang digunakan dalam produksi aluminium.

Meskipun area di titik yang lebih tinggi saat ini masih mendukung kelestarian hutan hijau yang luas.

“Kami berharap penampakan ini menarik perhatian untuk hutan Atewa dan pentingnya melestarikan keanekaragaman hayati lokal,” kata Dr Williams.

“Mudah-mudahan, penemuan burung hantu yang langka dan luar biasa ini akan mendorong upaya menyelamatkan salah satu hutan liar terakhir di Ghana,” pungkasnya.

Biodata Shelley

Formal name: Bubo shelleyi
Locality: Central & Western Africa
Body size: 21 - 24 inches
Wing chord (length): 16.5 - 19.4 inches
Weight: in excess of 2,7 lbs***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Shelley/Olah foto kolase doc public domain John Gerrard K, Robert William Imperial College London, DailyMail /
150 Tahun Menghilang Burung Misterius Shelley Tiba-tiba Muncul, Pertanda Apa? 150 Tahun Menghilang Burung Misterius Shelley Tiba-tiba Muncul, Pertanda Apa? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar