Breaking News

Tantang Aturan Baru China, AS Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan


Amerika Serikat (AS) mengerahkan kapal perangnya ke Laut China Selatan untuk pertama kali sejak China memberlakukan aturan wajib lapor untuk kapal asing yang masuk perairan yang diklaimnya.

Kapal perusak berpeluru kendali USS Benfold dilaporkan tengah berlayar dalam jarak 12 mil laut dari Mischief Reef yang berada di Kepulauan Spratly pada Rabu (8/9).

Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan, pengerahan USS Benfold merupakan bagian dari operasi kebebasan navigasi yang dilakukan pemerintahan Presiden Joe Biden.

China langsung bereaksi atas operasi tersebut. Beijing menyebut pengerahan kapal perang oleh AS menunjukkan Washington telah memiliterisasi Laut China Selatan.

"Semakin banyak fakta telah membuktikan bahwa AS adalah risiko terbesar dan pemecah perdamaian bagi stabilitas dan perdamaian di kawasan itu," ujar jurubicara Komando Teater Selatan Kolobel Senior Tian Junli.

Sementara itu, Armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan pernyataan China adalah salah.

"Perilaku China berlawanan dengan kepatuhan Amerika Serikat terhadap hukum internasional dan visi kami untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," tegasnya.

Sejak 1 September, China memberlakukan aturan baru yang merupakan bagian dari revisi UU Keselamatan Lalu Lintas Maritim yang telah disahkan oleh Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional pada April.

Aturan itu menyebut, kapal-kapal asing tertentu diwajibkan memberi laporan informasi kapal hingga barang yang diangkut kepada Administrasi Keselamatan Maritim China.

Kapal yang terkena dampak termasuk kapal yang membawa bahan radioaktif, minyak curah, bahan kimia, gas alam cair, dan zat beracun serta berbahaya lainnya. Selain itu juga kapal selam, kapal bertenaga nuklir, dan kapal yang dianggap menjadi ancaman keselamatan lalu lintas maritim China.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Kapal perang AS di Laut China Selatan/Net
Tantang Aturan Baru China, AS Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan Tantang Aturan Baru China, AS Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar