Breaking News

Survei Politik Terbaru, Elektabilitas AHY dan Demokrat Kini di Posisi Kedua


Kinerja Partai Demokrat bersama Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terus menunjukkan peningkatan.

Dalam rilis survei yang dilakukan Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) baik AHY maupun Partai Demokrat, berhasil duduk di posisi kedua dalam surveinya yang bertajuk Pandemi: Persepsi Publik dan Tren Politik Terkini.

Adapun hasil survei tersebut merupakan review termin ketiga survei berkala atau pada bulan Agustus 2021. Survei sebelumnya bulan Mei 2021.

Direktur Eksekutif CISA, Herry Mendrofa mengatakan survei ini mengukur tren politik terkini terkait elektabilitas tokoh maupun parpol menuju Pemilu tahun 2024 terproyeksikan Jika Pilpres dan Pileg dilakukan hari ini.


“Terdapat 16,92 persen responden memilih Ganjar Pranowo yang membuatnya unggul dari semua kandidat setelah pada periode survei CISA sebelumnya didominasi oleh Anies Baswedan yang harus puas berada di posisi ketiga dan mendapatkan 16,75 persen,” ujar Herry.

Yang menarik adalah sosok AHY yang berada di posisi kedua. Naik satu tingkat dari survei di bulan Maret lalu.

“Sedangkan di posisi kedua masih dipegang oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang terus menunjukkan konsistensi kenaikan elektabilitasnya dengan meraup 16,83 persen,”jelas Herry.

Menariknya, Airlangga Hartarto justru menunjukkan peningkatan signifikan terhadap elektabilitasnya sedangkan Prabowo Subianto mengalami penurunan.

“Prabowo Subianto justru menunjukkan penurunan elektabilitas dari bulan Mei 2021 dan hanya mendapatkan 10,08 persen. Sedangkan Airlangga Hartarto justru menunjukkan peningkatan signifikan dan meraih 7,58 persen disusul Ridwan Kamil 5,92 persen, Sandiaga Uno 5,08 persen, Muhaimin Iskandar 5 persen, Puan Maharani 3,67 persen serta yang Tidak Tahu/Tidak Menjawab sebanyak 12,17 persen,” terang Herry.

Disisi lain, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga saat ini mendominasi peta elektoral parpol di Indonesia. PDI-Perjuangan justru menunjukkan kenaikan elektabilitas sejak survei sebelumnya dan mendapatkan 24,58 persen.

“Kenaikan elektabilitas juga membuat Partai Demokrat konsisten di peringkat kedua dan meraih 18,75 persen. Hal yang sama juga menguatkan kembali Partai Golkar di posisi ketiga yang meraup 14,25 persen serta Partai Kebangkitan Bangsa yang mendapatkan 10,67 persen,” jelas Herry.

Survei CISA ini dimulai sejak tanggal 27-31 Agustus 2021 yang menyasar 1.200 responden di 34 Provinsi secara proporsional melalui penarikan sampel dengan menggunakan metode Simple Random Sampling.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Survei Politik Terbaru, Elektabilitas AHY dan Demokrat Kini di Posisi Kedua Survei Politik Terbaru, Elektabilitas AHY dan Demokrat Kini di Posisi Kedua Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar