Breaking News

Sikap Jokowi ke Peternak Blitar Bisa Timbulkan Rasa Iri, Rocky Gerung: Apalagi Ini Dapil Bung Karno


Rocky Gerung menilai langkah yang diambil Jokowi dengan memberikan 20 Ton jagung kepada peternak di Blitar justru akan menimbulkan berbagai permasalahan.

Menurutnya, pemberian bantuan berupa barang langsung tersebut justru akan merusak pasar.

"Ini operasi pasar yang merusak pasar ini, mestinya kan dari Kementerian saja, dan itu harus dinyatakan sebagai operasi pasar bukan bantuan kepada Suroto," ujar Rocky Gerung, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari kanal Youtube Rocky Gerung Official, Selasa, 21 September 2021.

Dia mengatakan bahwa Pemerintah memiliki upaya untuk mengendalikan harga, jika mereka melihat situasi pasar.

"Kalau dia masuk ke pasar-pasar di Blitar, itu artinya memang ada upaya untuk mengendalikan harga, tapi kalau dia Cuma sampai di gudang pak Suroto itu nanti jadi permainan tengkulak juga," ucap Rocky Gerung.

Padahal, yang diminta oleh Suroto dan peternak lainnya adalah kebijakan untuk mengatur harga pakan ternak.

"Padahal yang diminta oleh Pak Suroto bersama peternak di Blitar adalah kebijakan harga, bukan barangnya yang diminta. Kan posternya berbunyi 'beri kami harga yang layak', bukan beri kami jagung dari Presiden atau dari Departemen Pertanian, itu juga ngaco kan," tutur Rocky Gerung.

Oleh karena itu, apa yang dilakukan Jokowi terhadap para peternak tersebut justru akan merusak pasar.

"Jadi membaca kebijakan publik itu tiba-tiba merasa ‘wah ini bagus kalau jadi headline’, padahal itu juga merusak pasar," ucap Rocky Gerung.

Dia mengatakan seharusnya Pemerintah membuat kebijakan untuk menentukan harga jagung seperti yang diminta para peternak.

"Mestinya ada kebijakan yang dihitung berdasarkan Economic of Scale, skala ekonomi yang masuk akal, baru ditentukan harganya," ujar Rocky Gerung.

Akan tetapi, kebijakan yang diminta oleh para peternak justru tidak ada, dan hanya diberikan bantuan berupa barang.

"Jadi kebijakannya gak ada, tapi barangnya tiba di Blitar. Kan itu ajaib. Itu artinya gak ngerti tentang apa yang disebut kebijakan, policy negara, enggak ada di situ," tutur Rocky Gerung.

Tidak hanya itu, apa yang dilakukan Jokowi terhadap para peternak di Blitar juga bisa menimbulkan rasa iri bagi masyarakat lain.

"Ini semuanya serba dadakan, ini yang buruk sebetulnya, karena nanti orang iri 'kok dia difavoritisme'. Apalagi ini di Blitar, dianggap Dapil bung Karno." kata Rocky Gerung.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Rocky Gerung/Net
Sikap Jokowi ke Peternak Blitar Bisa Timbulkan Rasa Iri, Rocky Gerung: Apalagi Ini Dapil Bung Karno Sikap Jokowi ke Peternak Blitar Bisa Timbulkan Rasa Iri, Rocky Gerung: Apalagi Ini Dapil Bung Karno Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar