Breaking News

Senator DKI yang Juga Pendiri PDI, Sabam Sirait Meninggal Dunia


Kabar duka datang dari PDI Perjuangan. Salah satu pendiri partai yang kini berlambang banteng monocong putih, Sabam Sirait meninggal dunia di RS Siloam Karawaci pada Rabu (29/9).

Sabam yang juga anggota DPD RI tutup usia di umur 85 tahun.

“Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga: Bapak Sabam Sirait, Rabu, 29 September 2021 pukul 22.37 WIB di RS Siloam Karawaci," bunyi pernyataan keluarga Sabam Sirait.

Pria kelahiran Tanjungbalai, Sumatera Utara, pada 13 Oktober 1936 merupakan politisi ulung yang pernah menjabat sebagai pejabat Sekretaris Jenderal Partai Kristen Indonesia (Parkindo) periode 1963 hingga 1967.

Kemudian pada tahun 1967 hingga 1973, Sabam ditetapkan sebagai sekjen resmi Parkindo.

Ayah dari politisi PDIP, Maruarar Sirait ini merupakan salah satu pendiri dari Partai Demokrasi Indonesia saat fusi pada tahun 1973. Sejak saat itu juga, Sabam menjadi sekjen PDI hingga tahun 1986.

Setelah PDI berubah menjadi PDI Perjuangan, Sabam juga sempat didaulat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu).

Sabam Sirait telah memulai karir sebagai anggota DPR RI sejak tahun 1967. Sempat juga menjadi anggita Dewan Pertimbangan Agung di era Orde Baru. Pada Pemilu 2019 lalu, Sabam terpilih sebagai anggota DPD RI dari Jakarta.

Namun demikian, belum diketahui pasti apa penyebab Sabam Sirait meninggal dunia. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pendiri PDI Sabam Sirait/Net
Senator DKI yang Juga Pendiri PDI, Sabam Sirait Meninggal Dunia Senator DKI yang Juga Pendiri PDI, Sabam Sirait Meninggal Dunia Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar