Breaking News

Rocky Gerung Soal Ekonomi RI: Ucapan Peneliti Asing Lebih Berguna Dibanding Ucapan Kabinet


Riset yang dipublikasikan oleh Nomura Securities menyatakan Indonesia termasuk di antara 10 pasar negara berkembang (emerging market) yang dianggap paling rentan terdampak gelombang kejut dari kemungkinan penarikan stimulus moneter besar-besaran Federal Reserve AS.

Sementara sembilan negara lainnya adalah Brasil, Kolombia, Chili, Peru, Hongaria, Rumania, Turki, Afrika Selatan, dan Filipina.

Saat yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menyatakan bahwa ekonomi Indonesia lebih top dari negara tetangga.

Sri Mulyani mengatakan yang juga patut disyukuri adalah Indonesia juga menjadi salah satu negara yang bisa melewati masa pre covid. Di mana pertumbuhan ekonominya pada kuartal II-2021 tumbuh 7,07%. Jauh lebih tinggi dari perekonomian di 2019 yang berada di level 5%.

Pengamat politik Rocky Gerung lantas menanggapi hal ini dengan mengatakan bahwa pemerintah ngaco termasuk Sri Mulyani.

“Jadi selalu ini ngaco nya pemerintah termasuk Ibu Sri Mulyani. Dia gak paham bahwa seluruh data kita dibaca harus dalam perbandingan dengan data global. Kan itu intinya,” ujarnya melalui kanal Youtube Rocky Gerung Official Minggu, 5 September 2021.

Menurut Rocky apa yang dipublikasikan oleh Nomura seharusnya menjadi patokan bagi Indonesia.

“Jadi yang diuraikan oleh Nomura itu, itu jadi patokan dari financial player kan. Kan Nomura gak punya kepentingan politik dengan Indonesia, jadi dia beri saja data apa adanya. Dia gak manipulasi,” tuturnya.

Bagi ahli filsuf ini, apa yang diucapkan peneliti asing lebih berguna dari pada yang diucapkan oleh kabinet pemerintahan.

“Dan itu pertanda bahwa apa yang diucapkan oleh peneliti asing, itu lebih berguna dari pada apa yang diucapkan oleh kabinet,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rocky tahu Indonesia keluar lebih cepat, namun hal itu bersamaan dengan Amerika yang keluar lebih cepat lagi.

Hal ini, sambungnya, akan berakibat bagi ekonomi Indonesia.

“Kedua, kita tahu bahwa Indonesia berhasil keluar lebih cepat. Iya tapi Amerika keluarnya lebih cepat lagi tuh,” jelasnya.

“Dan pulihnya lebih bagus, akibatnya apa? Akibatnya, ya kalau ekonomi Amerika pulih, ya tentu dia akan panggil dollar buat pulih. Maka dollar akan pulang kampung, sehingga biaya meminjam dollar bakal lebih besar lagi. Jadi itu kan hal yang simpel yang mestinya gak usah disembunyikan,” tandasnya.

Rocky menuturkan, Indonesia akan mengalami masalah karena ekonomi Amerika pulih.

“Bahwa Indonesia sebetulnya akan mengalami trouble karena ekonomi Amerika pulih, maka dollar mending balik lagi ke Amerika, karena investasi di situ sedang tumbuh,” terangnya.

“Gak mungkin dollar tetap di Indonesia kalau Indonesia terpuruk, dia cari lebih lukatif yaitu balik kampung saja kan,” pungkasnya.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pengamat Politik Rocky Gerung/Net
Rocky Gerung Soal Ekonomi RI: Ucapan Peneliti Asing Lebih Berguna Dibanding Ucapan Kabinet Rocky Gerung Soal Ekonomi RI: Ucapan Peneliti Asing Lebih Berguna Dibanding Ucapan Kabinet Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar