Breaking News

Ramai Aliran Sesat Hakdzat yang Sholat Menghadap 4 Arah Mata Angin, Ketua MUI Pandeglang: Sangat Menyimpang!


Isu aliran sesat baru-baru ini mengemuka usai munculnya kelompok Hakdzat di desa Tamanjaya, kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Youtube Official iNews pada 29 September 2021, kelompok Hakdzat diduga menyimpang dari ajaran Islam karena melakukan sholat sunah menghadap ke 4 arah mata angin.

Berdasarkan berita yang beredar, kelompok Hakdzat muncul sejak tahun 2020 lalu dan kini sudah diikuti sebanyak 40 orang.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pandeglang pun terjun langsung ke lokasi untuk melakukan pembinaan.

Kembali melansir Youtube Official iNews, ketua MUI Pandeglang, KH TB Hamdi Ma'ani menyebut pihaknya turut menggandeng Muspika dan juga Polres Pandeglang.

Hamdi menyayangkan kemunculan aliran sesat Hakdzat ini karena menyimpang dari ajaran Islam.

“Begitu muncul kemudian diketahui oleh Muspika dan MUI kecamatan langsung menuju ke lokasi. Setelah seminggu kemudian kita bersama tim dari Polres dikumpulkan semuanya berjumlah 40 orang aliran Hakdzat yang dibawa kesemuanya adalah bapak Sahid. Setelah dikumpulkan di balai desa Tamanjaya langsung kita beri pemahaman bahwa amalan yang dilakukan kelompok Hakdzat itu sangat menyimpang karena sholatnya menghadap 4 arah,” kata ketua MUI Pandeglang.

Pembinaan ini berbuah hasil usai salah seorang pimpinan kelompok Hakdzat bernama Sahid memutuskan kembali ke ajaran Islam yang benar.

Sayangnya, dua pentolan lainnya, yakni Misran dan Hariyati masih harus menjalani pembinaan di Polres Pandeglang.

“Alhamdulillah saat itupun pimpinannya yang bernama pak Sahid tobat langsung. Hanya 2 orang di antaranya yang bernama Misran dan ibu Hariyati tetap belum mau kembali ke ajaran yang benar. Akhirnya kami serahkan ke pihak Polres setelah itu dibina,” ungkap Hamdi.

Menurut Ketua MUI Pandeglang, kemunculan aliran sesat Hakdzat dipengaruhi faktor minimnya informasi soal ajaran Islam yang benar.

Terlebih lagi, mayoritas pengikutnya ternyata masih punya hubungan kekerabatan satu sama lain.

“Karena mungkin ketidakmengertian mereka tentang ajaran Islam yang sebenarnya. Kemudian datang aliran itu diikuti sebatas keluarga yaitu hampir keluarga besar,” jelas Hamdi.

“Tetapi alhamdulillah seminggu dibina ulama Pandeglang, 2 pimpinannya sadar. Setelah sadar kita kembalikan ke warga, dikumpulkan lagi semua pemimpinnya dan syahadat lagi. Semua sudah menerima untuk mengikuti ajaran Islam yang sebenarnya dan meninggalkan perilaku yang dianggap sesat,” pungkasnya.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ramai Aliran Sesat Hakdzat yang Sholat Menghadap 4 Arah Mata Angin, Ketua MUI Pandeglang: Sangat Menyimpang! /Tangkap layar Youtube Official iNews
Ramai Aliran Sesat Hakdzat yang Sholat Menghadap 4 Arah Mata Angin, Ketua MUI Pandeglang: Sangat Menyimpang! Ramai Aliran Sesat Hakdzat yang Sholat Menghadap 4 Arah Mata Angin, Ketua MUI Pandeglang: Sangat Menyimpang! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar