Breaking News

PPKM Diperpanjang Lagi, Akan Terus Diterapkan Meski Kondisi Membaik


Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3, 2 di beberapa wilayah Jawa-Bali dari 14 hingga 20 September 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan terus menerapkan PPKM di Jawa-Bali meski keadaan saat ini semakin membaik.

Luhut Pandjaitan melaporkan, pertambahan kasus positif Covid-19 secara nasional berkurang hingga 93,3 persen. Di Jawa-Bali bahkan turun hingga 96 persen dari kenaikan kasus tertinggi pada 15 Juli 2021.

Luhut Pandjaitan juga mengatakan bahwa pemerintah berhasil menurunkan level PPKM Bali menjadi Level 3 saat ini.

Namun, keadaan yang membaik itu tidak berarti pemerintah akan berhenti menerapkan PPKM.

"Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM berlevel ini di seluruh wilayah Jawa-Bali. Melakukan evaluasi setiap minggu," sebut Luhut dalam jumpa pers virtual pada Senin, 13 September 2021.

Luhut Pandjaitan membeberkan alasan pemerintah akan terus memberlakukan PPKM.

"PPKM ini alat kita untuk memonitor ini (pandemi). Kita sudah lihat pengalaman di berbagai negara (yang melonggarkan pembatasan). Jadi kita tidak ingin mengulangi kesalahan yang dilakukan berbagai negara lain," ucapnya.

Luhut Pandjaitan kemudian mengeluhkan penurunan kasus yang direspons euforia oleh sebagian masyarakat.

Hal itu dinilainya sangat berbahaya karena bisa mengundang gelombang Covid-19 selanjutnya.

"Terjadi di beberapa lokasi wisata seperti Pantai Pangandaran yang dipenuhi pengunjung dari Bandung Raya, Tasikmalaya, Jabotabek, berpotensi untuk terjadi kasus impor bagi daerah tersebut," sebutnya.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Mural di Ciamis, Jawa Barat, Rabu 25 Agustus 2021 terkait PPKM. /Antara/Adeng Bustomi
PPKM Diperpanjang Lagi, Akan Terus Diterapkan Meski Kondisi Membaik PPKM Diperpanjang Lagi, Akan Terus Diterapkan Meski Kondisi Membaik Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar