Breaking News

Perwira Tinggi TNI Penjemput Tahanan Polres Usai Diperiksa Puspomad: Intinya Bagus, Gitu Aja


Perwira tinggi TNI yang menjemput Ari Tahiru di tahanan Polres hingga menyurati Kapolri, Inspektur Kodam (Irdam) XIII Merdeka, Brigjen TNI Junior Tumilaar, telah menjalani pemeriksaan Puspomad.

Tentara pembela rakyat ini mengaku kegiatan pemeriksaan berjalan lancar.

"Intinya bagus, gitu aja. Pemeriksaan berjalan lancar, seperti biasa. Karena profesional mereka," kata Brigjen TNI Junior Tumilaar, Kamis, 23 September 2021.

Meski begitu, ia tak mengungkapkan secara detail mengenai pertanyaan yang disampaikan kepadanya.

Ia hanya menhyatakan telah memberikan klarifikasi ke Puspomad. "Biasa saja hanya klarifikasi semua. Profesional mereka, baik," katanya lagi.

Brigjen TNI Junior Tumilaar awalnya mengirim surat kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Surat yang isinya meminta Babinsa tidak perlu diperiksa di Polresta Manado itu menjadi viral di media sosial.

Tumilaar awalnya mengatakan ada Babinsa yang mendampingi warga bernama Ari Tahiru (67). Dia menyebut Ari berhadapan dengan masalah konflik lahan di Sulut.

Dia mengatakan menaruh perhatian kepada Babinsa yang dipanggil ke kantor polisi.

Surat tulis tangan Brigjen Junior itu dengan tembusan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Panglima Kodam Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit, pengacara Ari Tahiru, serta anggota Komisi III DPR RI F-NasDem Hillary Brigitta Lasut.

Dia mengatakan Babinsa tersebut dipanggil ke Polresta Manado. Dia juga menyoroti soal Brimob Polda Sulut yang mendatangi Babinsa saat bertugas di tanah Edwin Lomban.

Brimob itu juga disebutnya dipanggil ke Polresta Manado.

Brigjen Tumilaar mengakui surat tersebut ditulis sendiri pada 15 September 2021.

Ia berharap Kapolri merespons surat tersebut. Dia mengatakan dirinya siap bertanggung jawab atas apa yang ditulis. Dia mengaku siap menghadapi risiko.

"Intinya itu kan surat itu bukan masalah Citraland-nya, yang pertama itu. Tapi pemanggilan Babinsa oleh Polri dalam hal ini Polresta Manado," katanya.

Kasus tersebut kemudian berlanjut ke pemeriksaan internal oleh TNI AD dan Polri.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ari sang pemilik lahan bebas dijemput langsung oleh Brigjen Junior Tumilaar yang memakai seragam loreng di Markas Polresta Manado. /Instagram @indonesian_army88/
Perwira Tinggi TNI Penjemput Tahanan Polres Usai Diperiksa Puspomad: Intinya Bagus, Gitu Aja Perwira Tinggi TNI Penjemput Tahanan Polres Usai Diperiksa Puspomad: Intinya Bagus, Gitu Aja Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar