Breaking News

Pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Akan Pimpin Pemerintahan Baru Afghanistan


Sejumlah posisi tinggi di pemerintahan baru Afghanistan mulai terungkap. Salah satu pendiri Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar dilaporkan akan menjadi pemimpin pemerintahan baru.

Hal itu diungkap oleh tiga sumber Taliban kepada Reuters pada Jumat (3/9). Baradar sendiri saat ini mengepalai Kantor Politik Taliban yang berada di Doha, Qatar.

Sumber juga mengungkap, putra pendiri Taliban Mullah Mohammad Omar, Mullah Mohammad Yaqoob akan menempati posisi senior di pemerintahan, bersama dengan Sher Mohammad Abbas Stanekzai.

"Semua pemimpin puncak telah tiba di Kabul, di mana persiapan sedang dalam tahap akhir untuk mengumumkan pemerintahan baru," ujar seorang pejabat Taliban.

Media lokal, Tolo News pada Kamis (2/9) juga menyebut pemimpin Taliban, Mullah Haibatullah Akhundzada dipastikan menjadi pimpinan tertinggi, yang akan membawahi posisi presiden atau perdana menteri.

"Tak perlu diragukan lagi kehadiran Amirul Mukminin (Akhundzada) di pemerintahan. Beliau akan menjadi pemimpin pemerintahan dan hal ini tidak perlu dipertanyakan lagi," kata anggota komisi budaya Taliban, Anamullah Samangani.

Awal pekan ini, Taliban menyebut pengumuman komposisi pemerintahan baru akan diumumkan pada Jumat (3/9).

Setelah merebut Kabul pada 15 Agustus dan menguasai negara, Taliban telah berkomitmen untuk membentuk pemerintahan yang inklusif dan menghomati hak asasi manusia.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Salah seorang pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar/Net
Pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Akan Pimpin Pemerintahan Baru Afghanistan Pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar Akan Pimpin Pemerintahan Baru Afghanistan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar