Breaking News

Netflix dan TikTok Bisa Ganggu Otak Manusia, Ernest Prakasa: Perbanyak Bengong dan Merenung!


Sutradara film dan komika Ernest Prakasa menyatakan kesepakatannya dengan pernyataan Pendiri Telegram Pavel Durov, Kamis, 9 September 2021.

Pria kelahiran Rusia itu menyatakan, TikTok dan Netflix tidak baik untuk otak manusia.

"Agak bombastis tapi poinnya gw setuju," ujar penulis skenario film ini melalui akun Twitter @ernestprakasa, Kamis, 9 September 2021.

Ia pun menyatakan, seseorang harus mengurangi asupan konten dengan memperbanyak kegiatan hal lain seperti berpikir.

"Kita perlu kurangi asupan konten, perbanyak bengong & merenung," cuitnya, menanggapi berita berjudul 'Pendiri Telegram Bilang TikTok dan Netflix Tak Bagus Buat Otak'.

Sebelumnya pendiri Telegram Pavel Durov dalam postingan terbaru di channel Telegram resminya menyinggung soal kinerja otak.

Ia juga memperingatkan agar orang jangan terlalu terpaku dengan video di TikTok atau Netflix.

"Pikiran adalah alat kita yang paling kuat. Tak ada yang tidak bisa dilakukannya. Berdasarkan banyak studi, pikiran secara aktif menghasilkan ide baru bahkan saat kita beristirahat atau tak melakukan apapun. Sering kita punya solusi masalah sulit setelah tidur panjang di malam hari," tulisnya.

Ia mengatakan, seperti halnya wujud fisik kita bergantung pada apa yang kita makan, kondisi mental manusia bergantung pula pada kualitas informasi yang dimasukkan ke otak.

"Jika kita memupuk otak kita dengan data real life yang memungkinkannya menyelesaikan masalah-masalah fundamental, ia akan memproses data ini di latar belakang dan datang dengan solusi tidak terduga," katanya.

Kemudian Durov pun menyayangkan saat ini banyak orang terlena dengan layanan semacam TikTok atau Netflix.

"Sayangnya kebanyakan orang lebih memilih menyuapi pikiran mereka tidak dengan fakta nyata yang bisa membuat kita mengubah dunia tapi dengan video serial Netflix random atau video TikTok," katanya.

"Dalam level dalam, otak kita jadi tidak bisa mengetahui fiksi dan realitas, jadi melimpahnya hiburan digital membuat pikiran bawah sadar kita sibuk membuat solusi pada permasalahan yang sesungguhnya tidak ada," tambahnya.

Ia pun menyarankan orang meminimalisirnya. "Untuk menjadi kreatif dan produktif, kita pertama-tama harus membersihkan pikiran kita dari konten tidak relevan dari banjir rekomendasi algoritma setiap hari," katanya.

Ia pun mengungkapkan cara agar bisa meraih kembali kebebasan kreatif.

"Jika kita ingin mendapatkan kembali kebebasan kreatif, kita pertama-tama harus memperoleh kembali kendali pikiran kita," tandasnya.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Sutradara sekaligus komika Ernest Prakasa. /Instagram.com/@ernestprakasa/
Netflix dan TikTok Bisa Ganggu Otak Manusia, Ernest Prakasa: Perbanyak Bengong dan Merenung! Netflix dan TikTok Bisa Ganggu Otak Manusia, Ernest Prakasa: Perbanyak Bengong dan Merenung! Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar