Breaking News

Menag: Kalau Ada Orang Islam Mengaku Paling Benar, Maka Dia Belum Paham Ajarannya


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut menyampaikan pidato tentang moderasi beragama di Gedung Kementerian Agama pada 22 September 2021.

Kementerian Agama memiliki program prioritas yakni Penguatan Moderasi Beragama melalui lembaga pendidikan seperti madrasah, sekolah, dan perguruan tinggi.

Gus Yaqut dalam pidatonya menyampaikan bagaimana pentingnya sikap menghargai perbedaan dalam beragama.

Gus Yaqut kemudian menerangkan kalau di dalam Islam selalu ditekankan bahwa agama itu penyempurna akhlak.

"Jadi agama di dalam Islam itu menghargai akhlak-akhlak yang sudah ada sebelumnya. Jadi ada akhlak Kristen, Hindu, Budha, Katolik, dan seterusnya, itu dihargai dalam Islam," tutur Gus Yaqut.

"Jadi kalau hari ini ada orang-orang Islam yang mengaku dia paling benar di antara yang lain, maka dia belum memahami ajaran agamanya," katanya menambahkan.

Gus Yaqut kemudian mencuplik sejarah ketika tokoh-tokoh generasi awal yang membawa Islam ke Indonesia, sikapnya sangat moderat dalam menyikapi perbedaan.

"Mereka menolak kekerasan, berkomitmen terhadap kebangsaan dan ramah terhadap budaya lokal," kata Gus Yaqut dalam pidato yang videonya diunggah kanal Youtube Pendis Channel.

"Tidak ada dalam sejarah penyebaran Islam di Indonesia itu dengan cara-cara kekerasan. Jadi jika ada orang-orang yang ingin menyebarkan agama Islam dengan cara-cara kekeraan, dengan cara-cara yang tidak berdamai dengan kebudayaan, maka kita ini yang waras harus berani sama-sama mengusir mereka keluar dari Indonesia."

Kementerian Agama sudah merilis pedoman Program Penguatan Moderasi Bergama untuk sekolah dan perguruan tinggi.

"Alhamdulillah, penyiapan pedoman penguatan moderasi beragama di lembaga pendidikan sudah selesai. Hari ini kita rilis bersama agar bisa dijadikan panduan baik di madrasah, sekolah, maupun perguruan tinggi,” kata Gus Yaqut.

Gus Yaqut mengatakan, Kemenag sangat serius menjalankan program Penguatan Moderasi Beragama yang juga menjadi amanat Perpres No. 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. /Twitter @YaqutCQoumas
Menag: Kalau Ada Orang Islam Mengaku Paling Benar, Maka Dia Belum Paham Ajarannya Menag: Kalau Ada Orang Islam Mengaku Paling Benar, Maka Dia Belum Paham Ajarannya Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar