Breaking News

Mahfud MD Jawab Pertanyaan Netizen tentang Islam Nusantara: Tak Harus Selalu Kenakan Pakaian Arab atau Merokok


Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD menjawab pertanyaan seorang netizen mengenai Islam Nusantara.

Netizen yang bertanya tersebut tampak mengkotakan aliran Islam Nusantara dengan Islam yang satu-satunya.

"Pak mohon izin bertanya. Islam Nusantara itu bedanya apa dari Islam yang hanya Islam," kata netizen tersebut di akun Twitter Mahfud MD beberapa waktu lalu.

Mahfud yang juga tokoh Muhammadiyah pun menjawab pada dasarnya prinsip dari Islam Nusantara dan Islam itu sama yakni bertuhan hanya kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

"Quran kitabullah, Sunnah adalah wahyu Allah dlm bentuk tuntunan dari Rasulullah. Tapi penerapannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan tempat, waktu, budaya tanpa melepas prinsipnya." kata Mahfud MD.

"Muhammadiyah punya istilah yakni 'Islam Berkemajuan'," sambungnya, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter @mohmahfudmd pada Rabu, 29 September 2021.

Lantas ia menunjukan dalil yang membenarkan perilaku dari aliran Islam Nusantara.

"Dalilnya ini, 'Laa yunkaru taghayyurul ahkam bitaghayyuril azman wal amkam wal awa’id', penerapan hukum hukum itu berubah sesuai dgn perubahan waktu, tempat, dan budaya. Tapi tak boleh menghilangkan prinsip (aqidah) misalnya kita berpakaian tak harus sama dengan pakaian arab atau meroko," ujarnya.

Aturan tersebut juga berlaku dalam berbagai hal. Termasuk dalam susunan ketatanegaraan negara.

"Kita tak harus sama dengan bentuk dan sistem di Arab, Pakistan, Malaysia, dan Brunei yang semuanya sama-sama Islam tapi berbeda. Nah kita punya sistem sendiri yang islami di Nusantara ini yakni NKRI. Sudah banyak yang menulis dan bicara ini di media massa. Barakallah," kata Mahfud MD menutup pernyataan.

Perlu diketahui kalau Islam Nusantara adalah aliran Islam yang dikampanyekan secara gencar oleh Ormas Islam terbesar di Indonesia seperti Nahdlatul Ulama atau Muhammadiyah.

Aliran ini mengedepankan nilai-nilai toleransi berdasarkan NKRI dan pancasila serta bertolak belakang dengan 'Islam Arab'.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. /Instagram.com/@mohmahfudmd
Mahfud MD Jawab Pertanyaan Netizen tentang Islam Nusantara: Tak Harus Selalu Kenakan Pakaian Arab atau Merokok Mahfud MD Jawab Pertanyaan Netizen tentang Islam Nusantara: Tak Harus Selalu Kenakan Pakaian Arab atau Merokok Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar