Breaking News

Jangan Tertipu! PeduliLindungia.com Bukan Situs Resmi Satgas Covid-19 Indonesia


Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat berhati-hati terhadap sejumlah situs palsu yang menggunakan nama PeduliLindungi.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan salah satunya yang sempat membuat resah adalah situs PeduliLindungia.com, yang telah dinyatakan sebagai situs palsu.

Ia menyebut situs palsu tersebut tidak digunakan pemerintah dalam melakukan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Seluruh isi dan informasi dalam situs palsu tersebut tidak terkait situs Pedulilindungi.id (resmi) dan tidak berhubungan dengan upaya pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun," Wiku melansir situs resmi Satgas Covid-19.

Terdapat beberapa fungsi aplikasi PeduliLindungi yang perlu diketahui masyarakat.

Saat ini, ditegaskannya bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah memutus akses masyarakat untuk mengunjungi situs Pedulilindungia.com.

Selanjutnya pemerintah meminta masyarakat untuk selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun.

"Masyarakat diminta hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resminya di layanan AppStore atau google store," pungkas Wiku.

Sebelumnya, beredar di dunia maya situs pedulilindungia.com, yang memiliki tampilan mirip dengan situs resmi PeduliLindungi. Tidak hanya mirip, situs tersebut juga menggunakan logo dan gambar PeduliLindungi.

Kominfo menyatakan situs pedulilindungia.com adalah palsu, pemerintah tidak menggunakan situs tersebut untuk menangani COVID-19. Ada pun situs resmi PeduliLindungi adalah pedulilindungi.id.

"Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun," kata juru bicara Kominfo, Dedy Permadi, Kamis (9/9/2021).

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Seseorang sedang Scan Barcode pada Aplikasi PeduliLindungi/Net
Jangan Tertipu! PeduliLindungia.com Bukan Situs Resmi Satgas Covid-19 Indonesia Jangan Tertipu! PeduliLindungia.com Bukan Situs Resmi Satgas Covid-19 Indonesia Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar