Breaking News

Gempa M 6,0 Guncang China, Setidaknya 3 Orang Tewas


Setidaknya tiga orang tewas setelah gempa bumi dahsyat berkekuatan magnitudo (M) 6 melanda Provinsi Sichuan di barat daya China pada Kamis (16/9/2021) dini hari. Gempa juga menyebabkan puluhan orang luka-luka dan memicu tingkat tanggap darurat tertinggi kedua oleh tim penyelamat.

Gempa itu melanda daerah Luxian tepat setelah pukul 04:30 waktu setempat, sekitar 120 km barat daya dari kota besar Chongqing, yang merupakan rumah bagi sekira 30 juta orang.

Survei Geologi AS (USGS) menempatkan kekuatan awal gempa di 5,4 tetapi Pusat Jaringan Gempa China mengukurnya pada kekuatan 6. Keduanya mengatakan gempa itu pada kedalaman dangkal 10 km.

Global Times yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa tiga orang telah dipastikan tewas dan 60 terluka, tiga di antaranya serius.

Puluhan rumah di Luxian runtuh dan banyak lainnya rusak, sementara komunikasi dengan puluhan ribu orang terganggu, kata pihak berwenang.

Rekaman langsung dari Luxian oleh penyiar CCTV negara menunjukkan para pekerja memanjat tangga di tengah hujan lebat untuk menghilangkan puing-puing berbahaya yang menggantung di gedung-gedung, termasuk panel kaca yang setengah pecah.

Video lain dari Sichuan Daily menunjukkan para siswa mengevakuasi asrama mereka dalam gelap, memegang payung dan mengenakan ransel.

Pihak berwenang meremehkan ancaman langsung dari gempa susulan yang lebih besar.

“Tidak mungkin akan ada gempa bumi yang lebih besar di daerah itu dalam waktu dekat, tetapi gempa susulan akan terus berlanjut untuk beberapa waktu,” kata Du Bin, wakil kepala Administrasi Gempa Sichuan, kepada wartawan.

USGS mengatakan bahwa "kerusakan signifikan mungkin terjadi dan bencana berpotensi meluas", dalam penilaian awal.

Beberapa saluran listrik telah terganggu dan 62.000 rumah tangga terkena pemadaman listrik setelah gempa, kata pemerintah daerah di Sichuan dalam posting media sosial Weibo.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Gempa M 6,0 Guncang China/Net
Gempa M 6,0 Guncang China, Setidaknya 3 Orang Tewas Gempa M 6,0 Guncang China, Setidaknya 3 Orang Tewas Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar