Breaking News

Fadli Zon: Seharusnya TVRI Siarkan Film G30SPKI


Setiap tanggal 30 September diperingati tiap tahunnya untuk mengingat peristiwa pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) atau dikenal G30S/PKI.

Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon memberikan pendapat bahwa TVRI sebagai milik negara harus menayangkan film G30S/PKI.

"Seharusnya @TVRINasional menyiarkan film Pengkhianatan G30S PKI," kata Fadli Zon di akun Twitternya, Selasa, 28 September 2021.

Sebelumnya, Fadli Zon memuji langkah TV One yang akan menayangkan film Pengkhianatan G30 S PKI di TV One.

Menurut Fadli Zon, penayangan film G30S/PKI agar tidak pernah melupakan kudeta PKI.

"Mudah2an tak ada telepon untuk membatalkan siaran nonton film ini. Hebat @tvOneNews. Jangan pernah lupa yg mau kudeta berkali2 adalah PKI. Yg mau ubah Pancasila n menjadikan RI negara komunis juga PKI." ujar Fadli Zon, Jumat, 24 September 2021.

Tv One akan menayangkan film Pengkhianatan G30S PKI pada Kamis, 30 September 2021 pukul 21.00 WIB.

Film Pengkhianatan G30 S PKI pertama kali rilis pada 1984. Film karya Arifin C. Noer ini memang menjadi tontonan wajib semasa Orde Baru.

Meski dianggap sebagai satu-satunya film yang menguak kronologi peristiwa kudeta pada 30 September 1965, film ini bukanlah karya dokumenter.

Ada beberapa adegan di film yang tidak sesuai dengan realita saat itu. Seperti pada saat adegan menunjukan peta Indonesia, nampak dalam peta wilayah Timor Timur sudah masuk wilayah NKRI.

Padahal, Timor Timur baru masuk wilayah Indonesia pada tahun 1976. D.N. Aidit pun digambarkan dalam film itu sebagai seorang perokok berat dan sangat misterius. Padahal, menurut salah satu buku menyebutkan D.N. Aidit bukanlah seorang perokok.

Arifin C. Noer juga mengaku bahwa dirinya lebih banyak berimajinasi ketimbang melakukan investigasi.

Hal tersebut karena sulitnya mendapatkan data atau mewawancarai tokoh G30S yang sudah kadung hilang atau meninggal.

Film ini juga sejak runtuhnya Orde Baru dan masuk ke era reformasi sudah tidak diputar lagi.***
Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Fadli Zon /Tangkapan Layar YouTube Fadli Zon Official
Fadli Zon: Seharusnya TVRI Siarkan Film G30SPKI Fadli Zon: Seharusnya TVRI Siarkan Film G30SPKI Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar