Breaking News

Erdogan Tegaskan Turki Kerja Sama dengan Rusia dalam Bidang Ruang Angkasa hingga Kapal Perang


Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan pemerintahnya telah memutuskan bekerja dengan Rusia untuk bersama-sama memproduksi mesin jet, kapal perang dan kapal selam.

Hal itu disampaikan Erdogan selama pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Erdogan juga menegaskan pemerintahnya membahas masalah pertahanan dan militer dengan Putin.

"Misalnya, kami membahas langkah-langkah untuk membangun reaktor nuklir kedua dan ketiga,” kata Erdogan, merujuk pada reaktor nuklir Akkuyu, yang telah dibangun Rusia di Turki selatan, dikutip dari Middle East Eye, Kamis, 30 September 2021.

Dia juga menegaskan kembali bahwa Turki tidak akan mengubah rencananya untuk membeli sistem pertahanan rudal S-400 Rusia putaran kedua, meskipun ada ancaman sanksi dari Amerika Serikat .

“Kami bahkan secara komprehensif berbicara tentang langkah-langkah yang dapat kami ambil untuk [membangun] mesin jet,” kata Erdogan.

“Topik lain, kita bisa mengambil langkah bersama dalam pembangunan kapal [perang]. Kami akan, insya Allah, bahkan mengambil langkah bersama di kapal selam," ujarnya.

Kerja sama Turki-Rusia dalam bidang ruang angkasa

Erdogan juga mengatakan dia dan Putin telah berbicara tentang kerja sama di bidang eksplorasi ruang angkasa.

“Putin ingin bekerja sama dengan Turki di luar angkasa. Tim kami akan mempelajari masalah ini dan kami akan membuat peta jalan,” katanya.

"Bahkan ada tawaran lebih lanjut; dengan membuat satu platform di laut dan satu lagi di darat, kita bisa bersama-sama mengerjakan uji coba peluncuran roket ke luar angkasa," ujarnya.

Akhir tahun lalu, Amerika Serikat memberlakukan sanksi terhadap Turki atas pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. AS kemudian mengeluarkan Turki dari program jet tempur F-35 yang dipimpin NATO.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan selama pertemuan di Sochi, Rusia 29 September 2021. / Sputnik/Vladimir Smirnov/Pool via Reuters
Erdogan Tegaskan Turki Kerja Sama dengan Rusia dalam Bidang Ruang Angkasa hingga Kapal Perang Erdogan Tegaskan Turki Kerja Sama dengan Rusia dalam Bidang Ruang Angkasa hingga Kapal Perang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar