Breaking News

Edo Kondologit Ungkap Reaksi Orang Papua jika Luhut Pandjaitan Benar Punya Bisnis Tambang


Edo Kondologit, penyanyi sekaligus politisi asal Papua, menanggapi polemik antara Haris Azhar dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Polemik antara Haris Azhar dan Luhut Pandjaitan bermula dari tayangan video di kanal Youtube Haris Azhar pada 20 Agustus 2021.

Dalam video itu, Haris Azhar bersama Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti membahas soal dugaan kepentingan ekonomi dalam serangkaian operasi militer di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Di tengah-tengah diskusi, nama Luhut Pandjaitan kemudian disebut terlibat dalam bisnis tambang emas di Blok Wabu, Intan Jaya, Papua.

Luhut Pandjaitan tidak terima dirinya disebut terlibat dalam bisnis tambang di Papua, kemudian melayangkan somasi kepada Haris Azhar melalui kuasa hukumnya Juniver Girsang.

"Isi wawancara itu juga dianggap telah mencemari, memfitnah, dan membunuh karakter LBP (Luhut Binsar Pandjaitan)," kata Juniver Girsang dikutip Pikiran-rakyat.com dari Antara pada 31 Agustus 2021.

Setelah melayangkan somasi sebanyak 2 kali, Luhut Pandjaitan melaporkan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya menggunakan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). 

Edo Kondologit berujar, dirinya agak memercayai tudingan Haris Azhar dan kawan-kawan soal bisnis tambang Luhut Pandjaitan di Papua.

"Saya jujur saja, seperti agak percaya dengan pernyataan Haris dan teman-temannya ini," kata Edo Kondologit dalam wawancara bersama Akbar Faizal yang videonya diunggah di kanal Youtube Akbar Faizal Uncensored pada 23 September 2021.

"Saya percaya lembaga seperti KontraS, Walhi, mereka itu pasti melakukan penelitian ke bawah," kata Edo Kondologit lagi.

Edo Kondologit mengatakan, sebaiknya tudingan Haris Azhar bisa dijawab Luhut Pandjaitan  dengan klarifikasi bukan laporan ke polisi.

"Tolong bantah dengan data bahwa 'Saya tidak terlibat' dengan segala macam, segala macam," sebut Edo Kondologit.

Edo Kondologit tidak bisa membayangkan reaksi orang Papua jika tudingan Haris Azhar kepada Luhut Pandjaitan ternyata benar.

"Orang Papua akan menyangka begini Bang Akbar, 'Oh berarti kamu selama ini kasih kita Otsus, kamu kirim tentara ke Papua ini ternyata tujuannya untuk ini, ya. Usir kita keluar supaya kamu kuasai kita punya tanah untuk bikin tambang,'" kata Edo Kondologit.

"Nah, tolong diklarifikasi kalau memang (tudingan itu) tidak benar. Bahkan dengan data-data. Tunjukkan kepada orang Papua bahwa 'Kita tidak punya maksud apa-apa'. Nah, begitu. Harus terbuka," sebut Edo Kondologit.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Edo Kondologit/Net
Edo Kondologit Ungkap Reaksi Orang Papua jika Luhut Pandjaitan Benar Punya Bisnis Tambang Edo Kondologit Ungkap Reaksi Orang Papua jika Luhut Pandjaitan Benar Punya Bisnis Tambang Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar