Breaking News

Usai Jalani Perawatan, Kondisi Yahya Waloni Mulai Membaik


Penceramah Yahya Waloni sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit lantaran kondisi kesehatan yang menurun usai diamankan Bareskrim Polri atas dugaan penodaan agama pada materi ceramah yang diunggah melalui akun YouTube Tri Datu.

Setelah menjalani perawatan, Kepala Rumah Sakit (RS) Polri Brigjen Pol Asep Hendradiana menyebutkan bahwa kondisi Yahya Waloni sudah berangsur membaik. Namun, Yahya Waloni masih harus meminum obat sesuai resep dokter.

“Alhamdulillah ia (Yahya Waloni) telah membaik. Sudah tidak ada (sesak napas) dan tetap minum obat sesuai rekomendasi dokter SpJP dan dokter SpPD,” kata Brigjen Pol Asep Hendradiana.

Yahya Waloni ditangkap Bareskrim Polri pada 26 Agustus 2021 sekira pukul 17.00 WIB yang dilakukan di perumahan Permata, Cluster Dragon, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Penangkapan Yahya Waloni dilakukan atas perkembangan dari laporan yang menjeratnya pada April lalu dengan nomor LP/B/0287/IV/2021/BARESKRIM Tanggal 27 April 2021.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan bahwa tindak pidana ujaran kebencian yang dilayangkan kepada Yahya Waloni berdasarkan SARA dan penodaan terhadap agama tertentu.

Ia menyebutkan bahwa penyidik telah menetapkan status tersangka terhadap Yahya Waloni dan terancam pasal berlapis, yaitu UU ITE Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45A ayat 2.

Pasal tersebut mengatur tentang tindakan sengaja dan tidak sah menyebarkan informasi akan menyebabkan permusuhan, kebencian berdasarkan SARA dan disangkakan Pasal 156 huruf a KUHPidana, yaitu melakukan penodaan terhadap agama tertentu.

Selama menjalani penyelidikan, Yahya Waloni harus menjalani perawatan karena penyakit pembengkakan jantung di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta.

Wakarumkit Polri Kombes Pol Umar Shahab mengungkap bahwa Yahya Waloni dilarikan ke rumah sakit lantaran dalam kondisi lemas. Meskipun demikian, pihak penyidik tetap melakukan penyelidikan dan menetapkan Yahya Waloni sebagai tersangka pada Mei 2021.

Terkait kondisi kesehatan Yahya Waloni saat ini, pihak RS Polri siap berkoordinasi dengan penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber untuk mengembalikan Yahya Waloni ke Rutan Bareskrim.

Namun, ia belum bisa memastikan kapan Yahya Waloni dikembalikan ke rutan Rutan Bareskrim.

"Ya masih menunggu koordinasi dari penyidik Bareskrim Polri. Dalam waktu dekat akan dikembalikan ke penyidik," kata Asep Hendradiana yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News, Selasa, 31 Agustus 2021.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ustaz Yahya Waloni/Net
Usai Jalani Perawatan, Kondisi Yahya Waloni Mulai Membaik Usai Jalani Perawatan, Kondisi Yahya Waloni Mulai Membaik Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar