Breaking News

Potret Jaksa Pinangki yang Akhirnya Dijebloskan ke Bui


Terpidana kasus suap dari Djoko Tjandra, Pinangki Sirna Malasari akhirnya dieksekusi ke Lapas Wanita Tangerang usai menuai banyak sorotan. 
 
Begini potret jaksa Pinangki Sirna Malasari saat dijebloskan ke penjara.

Berdasarkan foto yang diterima detikcom, Pinangki menggunakan rompi tahanan bewarna pink dan memakai kacamata. Rambut pendeknya terurai ke depan dan memakai rok bewarna hitam. 

Berbeda ketika dia sedang menjalani proses hukum di sidang, Pinangki tampak mengenakan jilbab.

Pinangki menandatangani berkas administratif terkait eksekusi tersebut. Pinangki akan menjalani masa tahananya di Lapas Kelas II A Tangerang.

Pinangki juga didampingi sejumlah jaksa dan petugas lapas dalam proses eksekusi ke LP wanita Tangerang itu. Pinangki telah dieksekusi siang ini.

"Sudah (dieksekusi). Sekitar pukul 14 tadi," ujar Kajari Jakpus Riono Budi Santoso, saat dikonfirmasi, Senin (2/8/2021).

Sebelumnya, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengungkap Pinangki belum dieksekusi. Ia mempertanyakan adanya dugaan diskriminasi.

"Kami mengecam dan menyayangkan atas Pinangki belum dieksekusi ke Lapas Wanita Pondok Bambu atau lapas wanita lainnya. Ini jelas tidak adil dan diskriminasi atas napi-napi wanita lainnya," kata koordinator MAKI, Boyamin Saiman.

Menanggapi hal itu, Kajari Jakpus Riono Budi Santoso menjelaskan dengan enteng alasan Pinangki belum dieksekusi. Alasannya, jaksa punya banyak pekerjaan dan masalah teknis.

"Hanya masalah teknis dan administratif di Kejari Jakarta Pusat saja. Kami sebelumnya memang harus memastikan apakah terdakwa mengajukan kasasi atau tidak," ujar Riono saat dimintai konfirmasi, Sabtu (31/7/2021).

"Pas akhir-akhir ini kebetulan kami juga sedang banyak pekerjaan. Sedangkan tenaga harus dijaga karena pandemi belum jelas kapan berakhir," sambung Riono.

Mendapat jawaban tersebut, MAKI tidak terima. Terkesan kejaksaan menyepelekan kasus Pinangki yang telah membuat babak belur muka hukum Indonesia.

"Nah jadi alasan, istilahnya itu banyak kerjaan, ya memang tugasnya Kejaksaan memang bekerja dan termasuk melakukan eksekusi. Jadi ini alasan yang tidak logis dan alasan yang sekadar dicari-cari alasan saja kalau banyak kerjaan sampai tahun depan juga masih banyak pekerjaan dan tidak akan ada eksekusi," kata Boyamin.

Diketahui Pinangki divonis bersalah karena menjadi makelar kasus alias markus agar terpidana korupsi Djoko Tjandra bisa lolos dari hukuman penjara dengan mengajukan PK. Saat itu, Djoko statusnya buron. Tapi usaha Pinangki terbongkar dan dia harus mempertanggungjawabkannya.

Pinangki awalnya divonis 10 tahun penjara oleh majelis hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Vonis tersebut kemudian disunat oleh Pengadilan Tinggi Jakarta menjadi 4 tahun penjara. Atas vonis itu, jaksa dan Pinangki tidak mengajukan kasasi.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Pinangki Sirna Malasari akhirnya dieksekusi ke Lapas Wanita Tangerang (Dok. Istimewa)
Potret Jaksa Pinangki yang Akhirnya Dijebloskan ke Bui Potret Jaksa Pinangki yang Akhirnya Dijebloskan ke Bui Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar