Breaking News

Mahfud MD Soal Hoaks: Kita Punya UU ITE, Tapi Masih Dilema


Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan, soal pemberantasan informasi hoaks sebetulnya saat ini Indonesia telah memiliki Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik).

Namun demikian kata Mahfud MD dalam penerapannya masih sangat dilematis karena ketika diterapkan, akan ada penyampaian dari masyarakat bahwa pemerintah antidemokrasi.

"Kita sudah punya UU ITE. Tapi memang dilema, kalau dilaporkan, nanti dibilang antidemokrasi," ujar Mahfud MD saat menghadiri dialog virtual bersama alim ulama, pengasuh pondok pesantren, pimpinan ormas lintas agama, dan Forkopimda se-Jawa Tengah, Sabtu, 31 Juli 2021, kemarin.

Oleh karenanya kata Mahfud MD, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar aparat tidak sembarangan menindak saat menggunakan UU ITE.

"Sehingga lalu Presiden mengatakan, jangan sembarang menindak di medsos saat menggunakan pasal UU ITE," kata dia.

"Harus selektif, jangan sampai orang nggak salah jadi korban. Selain itu, kita kedepankan restorative justice dan humanis," tutur dia.

Dalam dialog tersebut, Mahfud MD mendengar masukan dan saran dari berbagai tokoh agama dan masyarakat.

Masukan yang muncul beragam, mulai soal vaksinasi Covid-19, penyaluran bantuan sosial (Bansos), masyarakat yang masih abai protokol kesehatan, hingga hoaks yang beredar di media sosial yang makin menyusahkan penanganan Covid-19.

Kemudian, Mahfud MD mengingatkan pentingnya kolaborasi dan kerja kolektif berdasarkan kesadaran bersama.

Tidak hanya mengandalkan pemerintah, tidak juga mengandalkan ormas keagamaan, dan berbagai kekuatan masyarakat yang dibiarkan bekerja sendiri.

"Kita perlu dukungan dan perantara alim ulama, pengasuh ponpes, pimpinan agama, untuk mendukung peningkatan implementasi kesehatan dan percepatan vaksinasi pada masyarakat. Mari kolaborasinya diperkuat," kata dia.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD/Net
Mahfud MD Soal Hoaks: Kita Punya UU ITE, Tapi Masih Dilema Mahfud MD Soal Hoaks: Kita Punya UU ITE, Tapi Masih Dilema Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar