Breaking News

4 Fakta 'Ustaz Suka Bagi-bagi Duit' Jadi Komisaris Utama BSI


PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI mengangkat Adiwarman Azwar Karim sebagai Komisaris Utama perusahaan berdasarkan hasil keputusan RUPSLB pada 24 Agustus 2021.

Siapa dia? berikut fakta-fakta mengenai sosoknya:

1. Bos Konsultan Syariah

Adiwarman adalah Chief Executive Officer (CEO) Karim Consulting Indonesia. Dikutip dari situs web resminya, Karim Consulting Indonesia adalah perusahaan konsultan dinamis yang mengkhususkan diri dalam ekonomi dan keuangan Islam yang didukung oleh orang-orang profesional yang bekerja penuh waktu.

Perusahaan konsultan tersebut didirikan pada Agustus 2001 dan memposisikan diri sebagai perusahaan konsultan Kepatuhan Syariah terkemuka di dunia. Kami terus mengejar pencarian produk-produk inovatif dan menghadirkan konsep-konsep baru di Perbankan dan Keuangan Syariah melalui publikasi dan sesi gratis.

Mereka ada untuk membantu merintis pemikiran Islam melalui kegiatan di universitas-universitas besar di Indonesia. Pihaknya bekerja sama dengan tim peneliti di perguruan tinggi, yakni ini untuk mengembangkan alat dan metode analisis baru untuk diterapkan dalam pengembangan instrumen perbankan dan keuangan Islam baru dan menyediakan basis penelitian yang relevan untuk publikasi Ekonomi Islam.

2. Penulis Buku

Dia disebut sebagai ikon ekonomi dan keuangan syariah. Dia memperoleh pendidikan formal dari Institut Pertanian Bogor (Ir.), Universitas Indonesia (S.E.), European University Belgium (M.B.A.) dan Boston University, Amerika Serikat (M.A.E.P). Kemudian dia ditugaskan sebagai Research Associate di Oxford Center Islamic Studies United Kingdom.

Dia juga merupakan penulis lima buku best seller ekonomi Islam, yaitu Bank Islam: Analisis Fikih dan Keuangan, Ekonomi Mikro Islami, Ekonomi Makro Islami, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Ekonomi Islam: Suatu Kajian Ekonomi Kontemporer.

"Da juga menulis lebih dari 70 tulisan tentang ekonomi Islam yang disajikan dalam berbagai forum nasional dan internasional seperti Konferensi Ekonomi Islam International ke-3, ke-4, dan ke-5 yang disponsori oleh Islamic Development Bank (IDB) dan Konferensi Tahunan International Western Economics Association yang ke-76," demikian dikutip detikcom.

3. Berpengalaman di Dunia Keuangan Syariah

Adiwarman pernah berada dalam jajaran manajemen Bank Muamalat Indonesia. Dia juga dipercaya menjadi Wakil Ketua Badan Pelaksana Harian Dewan Syariah Nasional MUI (2015-2020), anggota International Islamic Financial Market (IIFM) Sharia Advisory Panel (Januari 2011-2012), Wakil Komite Tetap Keuangan Syariah Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Adiwarman juga dipercaya menjadi Dewan Pengawas Syariah pada beberapa lembaga keuangan syariah seperti Asuransi Great Eastern Syariah (2002-2012), Asuransi Prudential Life (2007-2012), Bank Danamon Syariah (2002-Rapat Pemegang Saham 29 April 2010), HSBC Amanah Syariah Indonesia (2003-31 Maret 2008), BNP Paribas Investment Partners (dahulu Fortis Investments) (2007-29 Februari 2012) dan perusahaan UFO-Multi Level Marketing.

4. Suka Bagi-bagi Duit

Sebagai seorang Ustaz, dirinya juga kerap menjadi penceramah keagamaan. Ada yang menarik saat dirinya menyampaikan tausiyah di depan publik, yakni kerap membagi-bagikan uang. Seperti terlihat dalam salah satu tayangan video di YouTube, Adiwarman membagikan uang kepada jamaah yang berhasil meneruskan sebuah penggalan hadist yang dia ucapkan. Pada video yang dilihat detikcom, Adiwarman memberikan selembar uang pecahan Rp 50 ribu kepada jamaah.

Dalam satu sesi ceramah, dirinya tak hanya sekali mengeluarkan uang untuk jamaah, dan tak melulu soal hadits. Jamaah bisa mendapatkan uang dengan menjawab berbagai hal yang berkaitan dengan pengetahuan tentang Islam.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Adiwarman Karim/Dok Karim Consulting
4 Fakta 'Ustaz Suka Bagi-bagi Duit' Jadi Komisaris Utama BSI 4 Fakta 'Ustaz Suka Bagi-bagi Duit' Jadi Komisaris Utama BSI Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar