Breaking News

Viral Ospek Paksa di Masa Darurat Covid-19, Senior Ancam Mahasiswa Baru Bila Lapor ke Pihak Kampus


Viral sebuah informasi di media sosial tentang Himpunan Mahasiswa (Hima) di suatu kampus Indonesia yang melakukan tindakan tidak bertanggung jawab.

Dalam foto yang beredar di media sosial, terlihat bahwa himpunan mahasiswa di kampus ini ingin mengadakan acara ospek mahasiswa baru di saat situasi Indonesia sedang darurat Covid-19.

Parahnya lagi, kakak tingkat (Kating) yang ada di himpunan tersebut mengancam para mahasiswa baru jika tak mau mengikuti ospek akan sulit dalam proses akademik hingga kelulusannya kelak.

Bahkan lebih jauh lagi, ada seorang kating yang mengancam mahasiswa baru yang berani melaporkan aktivitas mereka kepada pihak kampus.

Isu viral ini pertama kali diunggah oleh akun @collegemenfess pada Rabu, 13 Juli 2021.

Terlihat sebuah gambar yang menunjukkan pesan berantai seorang kating terhadap adik-adik tingkatnya yang akan melakukan ospek.

Dalam penjelasan di foto tersebut, dijelaskan bahwa mahasiswa baru yang tidak mengikuti acara dan lulus pengkaderan dampaknya akan sangat besar.

"Mulai dari sanksi organisasi sampai sanksi perkuliahan. Perlu diingat, kakak hanya menyampaikan saja dan mengingatkan kalian.

Perintah kakak tingkat di suatu Himpunan Mahasiswa pada mahasiswa baru untuk tetap mengikuti ospek di masa darurat Covid-19 yang viral di Twitter Twitter.com/@collegemenfess

"Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Ga ada maksud untuk menakut-nakuti kalian ini ya," kata pesan berantai tersebut.

Mahasiswa baru yang tak mengikuti ospek dari fakultas tersebut disebut akan mengalami berbagai kesulitan. Diantaranya seperti: selama perkuliahan akan dicap sombong oleh senior, akan disulitkan oleh dosen yang pro terhadap Hima, sulit untuk mengajukan proposal magang, proses kelulusan akan dipersulit, dan lai-lainnya.

Syarat dari mahasiswa yang boleh untuk tidak mengikut acara ospek tersebut disebutkan hanya tiga saja yaitu: Kecelakaan, sakit parah, covid-19, orang tua sakit parah atau meninggal, dan terakhir jika ada saudara kandung yang menikah.

"Ini agenda wajib yang hars dilalui mahasiswa peternakan. Kalau masih merasa dirinya mahasiswa peternakan mau tak mau, ikhlas tak ikhlas.

"Senang dak senang, pasti ikut kegiatan, katanya lagi.

Belum cukup sampai disitu saja, ternyata ada mahasiswa yang berani menceritakan ospek Hima Peternakan tersebut kepada Humas kampus tersebut.

Bukannya membatalkan acara, kating yang ada di himpunan tersebut malah marah-marah dan mengancam mahasiswa baru yang melaporkan aktivitas tersebut.

"Gak mikir dampaknya apa kalau hal ini bocor. Laporan itu bukan main-main. Seberusaha mungkin kami tutupi.

"Masih ada 1 orang yang mulutnya gak bisa dijaga," kata pesan berantai lain yang diunggah oleh sebuah grup Whatsapp bernama Prodi Peternakan 2020.'

Ancaman dari pihak Himpunan Mahasiswa terhadap mahasiswa baru yang berani melaporkan kegiatan ospek tersebut pada pihak humas kampus Twitter.com/@fessponti

Lebih lanjut, kating tersebut mengancam mahasiswa baru yang berani melapor pada pihak kampus.

"Sampai pukul 17.00 tidak ada yang mengaku. Tunggu nanti kedepannya bagaimana," kata ancaman dari Kakak Tingkat tersebut lagi.

Dari keterangan beberapa netizen yang memberi informasi, dijelaskan bahwa Himpunan Mahasiswa yang memberikan ancaman tersebut diduga dari Himpunan Mahasiswa Prodi Peternakan Universitas Tanjung Pura, Pontianak, Kalimantan Barat.

"Budak! ih kok bisa-bisanya sih sekelas HIMA Prodi Universitas Tanjung Pura ngadain acara nginep ditengah pandemi gini.

"Pake acara ngancam ga lulus lagi," kata akun Twitter @FessPonti pada Selasa, 12 Juli 2021.

Sontak isu ini pun dikomentari oleh berbagai netizen yang melihatnya.

"Terkesan lebay ga sih broadcastnya, nakut-nakutin junior aa kerjaan lu.

"Urus noh skripsi," kata akun @gtwsapak.

"Duh Hima emang pada suka ngadi-ngadi, laporin lagi aja diam-diam ke dekanat biar kapok.

"Jangan takut diamrahin, cuman kating toh. Nggak mungkin ini acara ada izinnya dari dekanat," ujar akun @myxcobacteria.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Viral informasi ada Himpunan Mahasiswa yang paksa agar para mahasiswa baru tetap ikut ospek di masa darurat Covid-19 /Twitter.com/@collegemenfess
Viral Ospek Paksa di Masa Darurat Covid-19, Senior Ancam Mahasiswa Baru Bila Lapor ke Pihak Kampus Viral Ospek Paksa di Masa Darurat Covid-19, Senior Ancam Mahasiswa Baru Bila Lapor ke Pihak Kampus Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar