Breaking News

Perusahaan Swasta Ramai-ramai Borong F-16, Buat Apa?


Sejumlah perusahaan swasta dilaporkan telah memborong jet tempur F-16 buatan Lockheed Martin. Beberapa perusahaan yang diidentifikasi adalah Draken International dan Airborn Tactical Adventure Company.

Dari laporan Bulgarian Military, Kementerian Pertahanan Belanda telah mengumumkan penjualan 12 unit F-16 kepada Draken International.

Draken merupakan perusahaan yang kerap menyewakan pesawat militer bekas, menawarkan dukungan udara, pelatihan penerbangan, simulasi ancaman udara, peperangan elektronik, hingga pengisian bahan bakar udara.

Draken yang berkantor pusat di Bandara Internasional Lakeland Linder, Florida juga melakukan penelitian dan pengujian untuk Pentagon, kontraktor pertahanan, dan perusahaan kedirgantaraan.

Data yang tercatat menunjukkan, Belanda akan mengirimkan F-16 bekasnya ke Draken mulai 2022. Di dalam kontrak, Dranken juga melakukan upaya negosiasi untuk membeli 28 jet F-16 yang akan dipensiunkan Belanda pada Mei 2024.

Selain Draken, perusahaan angkatan udara swasta America Top Aces juga telah mengakuisisi jet tempur F-16 generasi ke-4. Mereka juga mendapatkan 4 unit F-16 bekas dari Angkatan Udara Israel pada awal tahun 2021.

Top Aces telah menawarkan dukungan tentara beserta berbagai pesawat tempur. Pentagon sering mempekerjakan perusahaan ini untuk mendukung Angkatan Udara AS yang ditempatkan di berbagai penjuru dunia.

Pentagon selama ini memang tidak pernah menyembunyikan penggunaan layanan pihak swasta. Bahkan mereka didanai untuk melatih personel Angkatan Darat AS, dan menggunakan lima pangkalan militer yang dipilih Pentagon.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Jet tempur F-16/Net
Perusahaan Swasta Ramai-ramai Borong F-16, Buat Apa? Perusahaan Swasta Ramai-ramai Borong F-16, Buat Apa? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar