Breaking News

Luhut Target Kasus COVID di Bawah 30 Ribu, PKS: Testing Jangan Turun


Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menargetkan kasus harian COVID-19 di Indonesia turun di bawah 30 ribu. PKS meminta Luhut pastikan kasus menurun bukan karena jumlah testing yang menurun.

"Kita catat target Pak Luhut, dan pastikan bukan dengan menurunkan jumlah testing," ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat dihubungi, Senin (12/7/2021).

Mardani mengatakan angka kasus di bawah 30 ribu bukan sebuah prestasi karena masih terbilang tinggi. Terlebih bila angka tesebut diikuti dengan positivity rate yang tinggi.

"Angka 30 ribu itu tinggi dan di bawah 30 ribu bukan prestasi. Apalagi jika diikuti dengan positivity rate yang tinggi," kata Mardani.

Dia juga meminta pemerintah menambah kapasitas rumah sakit darurat COVID. Serta membantu agar warga yang melakukan isolasi mandiri tetap terjaga.

"Mohon ditambah kapasitas rumah sakit darurat COVID agar RSDC Kemayoran direplikasi di daerah. Plus bantu mereka yang isoman agar juga terjaga," tuturnya.

Luhut Target Kasus Corona di Bawah 30 Ribu

Diketahui, Luhut menargetkan kasus harian COVID-19 di Indonesia turun di bawah 30 ribu. Selain itu, Koordinator PPKM Darurat ini menargetkan kasus Corona mulai melandai pada pekan depan.

"Kita mencoba supaya betul-betul kalau bisa kasus ini jangan lebih dari 30 ribuan tapi dari 3 hari terakhir ini kita lihat sudah berkisar selalu bermain di antara 33, 34, 38 mundur lagi seterusnya. Tapi kasus kesembuhan meningkat banyak kita lihat, jadi kami berharap minggu depan mungkin kalau semua sudah berjalan disiplin akan mulai flattening atau mulai akan merata dan kemudian kita harap nanti cenderung akan terkendali," kata Luhut dalam pernyataan pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/7).

Luhut menjelaskan semua itu bisa tercapai atas kerja sama dari semua pihak. Masyarakat diharapkan terus disiplin protokol kesehatan dan program vaksinasi terus digencarkan.

"Kita berharap juga dengan kedisiplinan kita semua dan program vaksin jalan, protokol kesehatan jalan, kombinasi ini, pematuhan tadi pada PPKM darurat kita akan bisa bertambah baik," ujar Luhut.

Luhut juga sudah memantau mobilitas dan aktivitas masyarakat di Jawa dan Bali selama periode 3-10 Juli 2021. Menurut Luhut, mobilitas masyarakat cenderung menurun.

Saat PPKM Darurat Testing 4 Kali Lipat

Pemerintah memasang target menurunkan 10 ribu kasus COVID-19 tiap hari pada Agustus nanti. Pemerintah memastikan akan mempertahankan jumlah testing dan tracing.

"Target kita bersama adalah menekan laju penularan, yakni dengan menurunkan kasus sampai 10 ribu kasus per hari di bulan Agustus," kata juru bicara Kominfo, Dedy Permadi, dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/7).

Pimpinan pemerintah daerah diminta menelaah kembali Instruksi Mendagri No 15 tentang target testing tiap kabupaten/kota yang masuk PPKM Darurat.

"Perlu ditekankan di sini bahwa pemerintah tetap mempertahankan angka testing dan tracing yang tinggi, yaitu 4 kali lipat dibanding dengan masa sebelum PPKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat," ujarnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Mardani Ali Sera (detikcom)
Luhut Target Kasus COVID di Bawah 30 Ribu, PKS: Testing Jangan Turun Luhut Target Kasus COVID di Bawah 30 Ribu, PKS: Testing Jangan Turun Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar