Breaking News

Kejanggalan Dibalik Jokowi Serahkan Teknis Pelonggaran PPKM Darurat ke Pemerintah Daerah


Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan kepastian mengenai PPKM Darurat menuai sorotan.

Pasalnya, kendati dalam sepekan kedepan PPKM Darurat akan dilanjutkan, Jokowi memastikan jika tren penurunan kasus terus terjadi maka akan dilonggarkan pada 26 Juli 2021 mendatang.

Namun, ada beberapa point yang menjadi perhatian pengamat Hendri Satrio terkait pidato Jokowi soal PPKM Darurat.

Hendri menggarisbawahi pernyataan Jokowi yang menyerahkan teknis pelaksanaan PPKM Darurat kepada Pemerintah Daerah saat dibuka atau dilonggarkan secara bertahap.

"Ada satu yang saya garis bawahi dari pidato Presiden tadi, beberapa poin diserahkan teknisnya ke Kepala Daerah," cuit Hendri di Twitter.

"Why? apakah ini upaya pergeseran tanggung jawab dari pusat ke Daerah?," sambungnya.

Namun ia juga beranggapan bisa jadi hal itu merupakan cara taktis Jokowi untuk melihat kemampuan Kepala Daerah.

"Atau Pak @jokowi ngetes kemampuan Kepala Daerah? lebih jago mana dia atau kepala daerah?," tanya dia.

Sebelumnya, Jokowi menuturkan bahwa pembukaan secara bertahap akan dilakukan manakala penambahan kasus terus alami penurunan.

Dikatakan Jokowi bahwa pembukaan itu akan dilakukan pada 26 Juli 2021 mendatang.

"Karena itu jika trend kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021 pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap," Kata Jokowi dalam siaran pers yang digelar virtual Selasa, 20 Juli 2021.

Sementara pembukaan itu kata Jokowi, teknisnya akan diatur lebih lanjut oleh Kepala Daerah masing-masing.

"Pasar Tradisional yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan dibuka sampai pukul 20.00 dengan kapasitas pengunjung 50 persen. Pasar Tradisional  selain yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari diizinkan dibuka sampai dengan pukul 15.00 dengan kapasitas maksimal 50 persen yang pengaturannya akan ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

Demikian pula kata Jokowi dengan sektor-sektor lain seperti PKL, toko kelontong hingga usaha kecil lainnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat dan akan diatur kemudian oleh Pemerintah Daerah.***

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Presiden RI, Joko Widodo /Tangkap layar Yotube/
Kejanggalan Dibalik Jokowi Serahkan Teknis Pelonggaran PPKM Darurat ke Pemerintah Daerah Kejanggalan Dibalik Jokowi Serahkan Teknis Pelonggaran PPKM Darurat ke Pemerintah Daerah Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar