Breaking News

Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia Lakukan Perjalanan Luar Angkasa Perdana


Jeff Bezos, orang terkaya di dunia, dan tiga awaknya membubung tinggi di atas gurun Texas di atas kendaraan peluncuran New Shepard milik perusahaan luar angkasa Blue Origin pada Selasa (20/7/2021) dan kembali dengan selamat ke Bumi. Penerbangan suborbital bersejarah yang membantu untuk meresmikan era baru pariwisata ruang komersial swasta.

Dikutip dari Reuters, pesawat ruang angkasa menyalakan mesin BE-3 untuk lepas landas dari fasilitas Blue Origin's Launch Site One sekitar 20 mil (32 km) di luar kota pedesaan Van Horn, terbang sekitar 66,5 mil (107 km) di atas permukaan planet. Pada umumnya langit cerah dengan sedikit awan tipis pada pagi yang sejuk untuk peluncuran.

Miliarder Amerika berusia 57 tahun itu terbang dalam perjalanan yang berlangsung sekitar 10 menit dan 20 detik ke tepi luar angkasa, sembilan hari setelah Richard Branson dari Inggris menaiki penerbangan suborbital perdana perusahaan pariwisata ruang angkasa Virgin Galactic yang sukses dari New Mexico.

New Shepard dirancang untuk meluncur dengan kecepatan di atas 2.200 mil (3.540 km) per jam ke ketinggian di luar apa yang disebut garis Kármán - 62 mil (100 km) - yang ditetapkan oleh badan aeronautika internasional sebagai batas antara atmosfer bumi dan ruang.

Setelah kapsul terpisah dari booster, para kru harus melepaskan ikatan selama beberapa menit tanpa bobot. Kemudian, kapsul itu kembali ke Bumi di bawah parasut, menggunakan sistem dorong retro menit terakhir yang mengeluarkan "bantalan udara" untuk pendaratan lunak di gurun Texas.

Bezos memberi acungan jempol dari dalam kapsul setelah mendarat di lantai gurun sebelum melangkah keluar, mengenakan topi koboi dan setelan terbang biru, dan memberikan tos kepada karyawan perusahaan.

Misi tersebut merupakan bagian dari persaingan sengit antara Blue Origin milik Bezos dan sesama miliarder Richard Branson's Virgin Galactic untuk memanfaatkan pasar wisata luar angkasa yang berpotensi menguntungkan, bank Swiss memperkirakan UBS akan bernilai $3 miliar per tahun dalam satu dekade.

Bezos dan penumpang lainnya naik ke kendaraan SUV untuk perjalanan singkat ke landasan peluncuran sebelum menaiki menara dan naik ke pesawat ruang angkasa putih berkilau, dengan desain bulu biru di sisinya. Setiap penumpang membunyikan bel yang mengilap sebelum menaiki kapsul pesawat.

Branson sampai ke luar angkasa terlebih dahulu, tetapi Bezos dijadwalkan terbang lebih tinggi - 62 mil (100 km) untuk Blue Origin dibandingkan dengan 53 mil (86 km) untuk Virgin Galactic - dalam apa yang oleh para ahli disebut sebagai penerbangan luar angkasa tanpa pilot pertama di dunia dengan semua warga sipil awak kapal. Ini merupakan penerbangan awak pertama Blue Origin ke luar angkasa.

Bezos, pendiri perusahaan e-niaga Amazon.com Inc (AMZN.O), dan saudaranya Mark Bezos, seorang eksekutif ekuitas swasta, bergabung dengan dua orang lainnya. Penerbang wanita perintis Wally Funk, 82, dan lulusan sekolah menengah baru-baru ini Oliver Daemen, 18, menjadi orang tertua dan termuda yang mencapai luar angkasa.
Funk adalah salah satu dari apa yang disebut kelompok wanita Mercury 13 yang dilatih untuk menjadi astronot NASA pada awal 1960-an tetapi dilewatkan karena jenis kelaminnya. Daemen, pelanggan berbayar pertama Blue Origin, akan belajar fisika dan manajemen inovasi di Belanda. Ayahnya, yang mengepalai perusahaan manajemen investasi Somerset Capital Partners, berada di lokasi untuk menyaksikan putranya terbang ke luar angkasa.

Peluncuran disaksikan oleh anggota keluarga Bezos dan karyawan Blue Origin, dan beberapa penonton berkumpul di sepanjang jalan raya sebelum fajar. Penonton bertepuk tangan selama penerbangan.

New Shepard adalah kombo roket dan kapsul setinggi 60 kaki (18,3 meter) dan sepenuhnya otonom yang tidak dapat dikemudikan dari dalam pesawat ruang angkasa. Ini benar-benar diterbangkan komputer dan tidak ada staf astronot atau personel terlatih Blue Origin di dalamnya.

Virgin Galactic menggunakan pesawat luar angkasa dengan sepasang pilot di dalamnya. Booster Blue Origin yang dapat digunakan kembali sebelumnya telah terbang dua kali ke luar angkasa.

Peluncuran tersebut merupakan langkah lain dalam perlombaan untuk membangun sektor pariwisata luar angkasa yang menurut perkiraan bank investasi Swiss UBS akan mencapai $3 miliar per tahun dalam satu dekade. Miliarder teknologi mogul lainnya, Elon Musk, berencana untuk mengirim semua kru sipil dalam misi orbit beberapa hari di kapsul Crew Dragon-nya pada bulan September.

Di Twitter, Musk mengucapkan selamat kepada kru Blue Origin beberapa jam sebelum peluncuran. Blue Origin menargetkan penerbangan penumpang pertama dari dua tahun ini terjadi pada bulan September atau Oktober.

Blue Origin tampaknya memiliki cadangan pelanggan masa depan. Lebih dari 6.000 orang dari setidaknya 143 negara mengikuti lelang untuk menjadi pelanggan pertama yang membayar. Pemenang lelang, yang mengajukan tawaran $28 juta, keluar dari penerbangan Selasa, membuka jalan bagi Daemen. Virgin Galactic mengatakan 600 orang telah memesan reservasi, dengan harga sekitar $250.000 per tiket.

Branson mengatakan dia pada akhirnya bertujuan untuk menurunkan harga menjadi sekitar $ 40.000 per kursi. Bezos memiliki kekayaan bersih $206 miliar menurut Bloomberg Billionaires Index. Dia mengundurkan diri bulan ini sebagai CEO Amazon tetapi tetap menjadi ketua eksekutifnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Dari kiri ke kanan: Mark Bezos, Jeff Bezos, Oliver Daemen, dan Wally Funk. Keempatnya sukses mengangkasa selama 11 menit dengan menumpang kapsul New Shepard yang dikembangkan perusahaan milik Bezos Blue Origin.(BLUE ORIGIN via BBC)
Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia Lakukan Perjalanan Luar Angkasa Perdana Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia Lakukan Perjalanan Luar Angkasa Perdana Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar