Breaking News

Rocky Gerung: Lawan Debat Saya Dasco, Kalau Yandri Enggak Ngerti


Diskusi terbuka berkaitan polemik dana haji antara akademisi sekaligus filusuf Rocky Gerung dengan Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto berlangsung sengit sejak awal diskusi.
 
Dalam diskusi yang disiarkan Mata Najwa, Rabu malam (9/6), Rocky Gerung langsung menyebut bahwa lawan diskusi yang tepat bukanlah dengan Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, melainkan dengan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad.

"Lawan debat yang salah, saya mengomentari (pernyataan) Dasco, bukan Yandri. Kalau saya terangkan (soal kritik dana haji) ke Yandri, mungkin enggak ngerti," tegas Rocky Gerung yang dikutip dari RMOL.

Rocky Gerung menjelaskan, konteks kritikannya soal haji bermula saat adanya teguran Dutabesar Kerajaan Arab Saudi kepada Ketua DPR RI Puan Maharani melalui Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco mengenai informasi ada 11 negara yang memperoleh kuota haji, kecuali Indonesia.

Menurut Rocky Gerung, hal tersebut dimaknai sebagai teguran diplomatik karena langsung menuju Ketua DPR RI, bukan melalui Departemen Luar Negeri.

Atas dasar itu, Rocky pun heran justru Yandri Susanto yang gencar mengkritiknya, bukan Dasco.

Selain itu, Rocky juga menyinggung soal penyebutan nama Habib Rizieq Shihab yang diduga turut menjadi alasan Arab Saudi belum memberi kuota haji untuk Indonesia.

Menurut Rocky, penyebutan HRS semata-mata berdasarkan analisisnya.

"Saya menganalisisnya berdasarkan diplomasi. Habib Rizieq saya pakai sebagai alat analisis. Saya kan biasa menganalisa politik internasional," jelas Rocky Gerung.

Mendapat penjelasan tersebut, Yandri yang turut hadir dalam diskusi tersebut lantas merespons.

"Ini (soal kuota haji) Tidak berkaitan dengan Habib Rizieq, tidak ada persoalan diplomasi kok, yang bilang Dubes (Arab Saudi) bukan Rocky Gerung," demikian Yandri Susanto.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Rocky Gerung dan Yandri Susanto dalam debat terbuka di Mata Najwa/Repro
Rocky Gerung: Lawan Debat Saya Dasco, Kalau Yandri Enggak Ngerti Rocky Gerung: Lawan Debat Saya Dasco, Kalau Yandri Enggak Ngerti Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar