Breaking News

Dua Partai Pendukung Jokowi Kompak Tolak Pajak Sembako 12 Persen: Jangan Tambah Beban Rakyat


Dua partai pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) menolak dengan tegas usulan PPN sembako 12 persen.

Dua partai tersebut adalah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, partainya tegas menolak rencana penerapan PPN 12 persen pada sembako termasuk pada sektor pendidikan.

PAN menilai PPN sembako 12 hanya akan merugikan masyarakat khususnya rakyat miskin.

"Di situasi yang sulit seperti sekarang ini, jangan membuat kebijakan yang menambah penderitaan rakyat. Apalagi dikontraskan dengan peniadaan pajak untuk kendaraan dan properti, sungguh ironis dan tidak adil," demikian kata Zulkifli melalui akun Twitter-nya @ZUL_Hasan Jumat, 11 Juni 2021.

Satu suara dengan PAN, Nasdem juga menilai PPN sembako 12 persen hanya akan menambah beban rakyat.

"Fraksi NasDem menolak rencana, usulan Menteri Keuangan (Sri Mulyani, Red) soal tarif pajak itu. Kami akan perjuangkan itu jika rencana berbahaya ini benar-benar diusulkan ke DPR. Dari awal, kami tegaskan itu," kata anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Ahmad HM Ali di Jakarta Jumat, 11 Juni 2021.

Ia menuturkan, pajak negara dapat ditingkatkan dengan cara lain.

"Harga komoditas di internasional juga sudah mulai membaik. Penerimaan dari sisi pabean juga menunjukkan tren positif. Jadi, pilihan menaikkan tarif itu pilihan potong kompas semata," kata Ahmad HM Ali, Wakil Ketua Umum Partai NasDem.

Sehingga, ia meminta Kementerian Keuangan untuk mengkaji ulang rencana ini dengan benar.

"Jangan seolah-olah soal pendapatan negara ini adalah champion Kemenkeu sendiri. Jadi yang dipikirkan hanya menaikkan tarif pajak. Duduk dan kerja sama dengan kementerian lain, sehingga bisa juga meraup pendapatan dari upaya mendorong surplus perdagangan luar negeri dan usaha lainnya," ujar Ahmad Ali.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi pasar. Pemerintah berencana menaikkan tarif PPN pada sembako /Pikiran Rakyat/Aep Hendy
Dua Partai Pendukung Jokowi Kompak Tolak Pajak Sembako 12 Persen: Jangan Tambah Beban Rakyat Dua Partai Pendukung Jokowi Kompak Tolak Pajak Sembako 12 Persen: Jangan Tambah Beban Rakyat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar