Breaking News

Israel-Palestina Memanas, Uni Eropa Bakal Gelar Pertemuan Darurat


Para Menteri Luar Negeri Uni Eropa berencana mengadakan pembicaraan melalui video terkait meningkatnya pertempuran antara Israel dan Palestina. 
 
Pertemuan secara daring tersebut akan berlangsung pada Selasa (18/5) mendatang.

"Mengingat eskalasi yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina dan jumlah korban sipil yang tidak dapat diterima, saya akan mengadakan video teleconference dengan Para Menteri Luar Negeri Uni Eropa pada hari Selasa mendatang," tulis Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell di Twitter, Minggu (16/5/2021).

"Kami akan berkoordinasi dan membahas bagaimana Uni Eropa dapat memberikan kontribusi terbaik untuk mengakhiri kekerasan saat ini," ujar dia.

Seperti dilansir AFP, pertempuran terberat sejak 2014 antara Israel dan kelompok Islam Hamas ini telah merenggut 174 nyawa penduduk di Gaza dan menewaskan 10 orang di Israel sejak Senin lalu.

Uni Eropa mengatakan Borrell telah melakukan upaya diplomatik "intens" untuk mencoba membantu meredakan kekerasan - mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin Israel dan Palestina, dan para diplomat tinggi dari negara-negara tetangga.

"Prioritas dan pesan Uni Eropa dalam konteks ini tetap jelas: kekerasan harus diakhiri sekarang," kata Dinas Luar Negeri Uni Eropa dalam sebuah pernyataan Sabtu (15/5) kemarin.

Sebanyak 27 negara anggota Uni Eropa kerap duduk bersama untuk menentukan sikap atas konflik yang terjadi. Negara nggota seperti Jerman, Austria dan Slovenia dengan tegas mendukung hak Israel untuk membela diri dari serangan Hamas.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Saling serang antara Israel dan militan Hamas terus memanas (Foto: AP Photo)
Israel-Palestina Memanas, Uni Eropa Bakal Gelar Pertemuan Darurat Israel-Palestina Memanas, Uni Eropa Bakal Gelar Pertemuan Darurat Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar