Breaking News

Dilecehkan saat Ikut TWK, Pegawai Perempuan KPK Melapor ke Komnas HAM


Sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perempuan yang tidak lolos dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam rangka peralihan menjadi aparatur sipil negara (ASN) melapor ke Komas Perempuan, Senin (31/5/2021).
 
Laporan tersebut dibuat lantaran ada dugaan pelecehan harkat dan martabat perempuan pada saat TWK berlangsung.

"Hari ini juga saya akan mendampingi beberapa teman pegawai perempuan KPK untuk melapor kepada Komnas Perempuan terkait dengan adanya hal yang diduga sebagai pelecehan terhadap harkat dan martabat perempuan," kata Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK, Yudi Purnomo di lokasi.

Yudi menyatakan, dalam proses TWK telah terjadi perendahan harkat dan martabat perempuan. Pihaknya juga akan menyerahkan bukti guna melengkapi laporan yang dibuat hari ini.

"Nanti kami juga akan serahkan bukti tertulis ke Komnas Perempuan. Nanti sebagaian pegawai perempuan akan ikut dan mereka yang akan menjelaskan ke Komnas. Prosesnya tertutup," pungkas dia.

Pertanyaan Saat TWK

Pegawai Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ita Khoiriah membongkar pertanyaan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang menurutnya janggal.

Secara blak-blakan, Ita mengungkap hal itu saat hadir menjadi salah satu narasumber program Mata Najwa, Rabu (27/5/2021) malam.

Pegawai KPK tersebut mengatakan, dirinya mendapatkan pertanyaan-pertanyaan aneh seperti status pernikahan, gaya berpacaran sampai aliran agama.

"Saya mengalami pertanyaan yang cukup aneh saat itu, soal status pernikahan, apakah saya punya pacar saat itu, kemudian lebih dalam kalau pacaran ngapain saja, aliran agama," ungkapnya seperti dikutip Suara.com dari YouTube Najwa Shihab.

Ita Khoiriah lantas mengatakan bahwa dirinya menjawab aliran agama ikut Nahdlatul Ulama. Meski begitu, dia mengaku saat masuk KPK, identitas di organisasi lain harus dilepas.

"Saya (menjawab) NU. Sejak saya masuk KPK, saya harus melepas identitas saya di organisasi apapun," terangnya.

Najwa Shihab lantas bertanya apakah itu menjadi dasar Ita Khoriah melaporkan pertanyaan tes TWK kepada Komnas Perempuan.

Ita Khoriah menjawab bahwasannya tidak hanya itu, pelaporan juga dilakukan setelah mengetahui pertanyaan kepada pegawai KPK lain yang tak kalah janggal. Menurutnya, pertanyaan-pertanyaan tersebut buruk untuk ditanyakan dalam proses rekrutmen abdi negara.

"Pertama itu berdasarkan pengalaman saya. Di satu sisi banyak rekan-rekan saya yang juga mendapat pertanyaan lebih parah. Dan saya pikir itu preseden buruk apabila instrumen rekrutmen untuk abdi negara tenryata ada preseden yang gak menyenangkan," tegasnya.

Humas KPK tersebut lalu mengungkap sejumlah pertanyaan janggal yang bahkan terkesan mencampuri urusan rumah tangga.

"Kamu lepas jilbab bagaimana, pilih mana Pancasila atau Alquran, kenapa belum menikah sementara adik sudah, kenapa alasan bercerai sedangkan peserta yang ditanya masih ada trauma sampai ketriger dan menangis," katanya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ita Khoiriah, pegawai bagian Humas KPK/Tangkapan layar Youtube Najwa Shihab
Dilecehkan saat Ikut TWK, Pegawai Perempuan KPK Melapor ke Komnas HAM Dilecehkan saat Ikut TWK, Pegawai Perempuan KPK Melapor ke Komnas HAM Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar