Breaking News

Demo Hari Buruh, Massa Akan Dipusatkan di Istana dan Gedung MK


Hari buruh internasional atau May Day akan digelar Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bersama elemen buruh dan mahasiswa. Aksi May Day akan dipusatkan di Istana Merdeka dan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Presiden KSPI Said Iqbal, aksi May Day melibatkan 50.000 buruh, yang tersebar di 24 provinsi, 200 kabupaten/kota dan di 3.000 pabrik. Untuk di wilayah Jakarta aksi May Day dipusatkan di Istana Merdeka dan Gedung MK.

"Untuk di tingkat nasional, aksi akan dipusatkan di Istana dan Gedung Mahkamah Konsultasi," kata Said Iqbal kepada wartawan, Jumat (30/4/2021).

May Day setiap tahunnya diperingati tanggal 1 Mei. Aksi May Day yang berlangsung di tengah pandemi menurut Said Iqbal akan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Tentu kita akan mengikuti arahan aparat keamanan dan Satgas COVID-19 untuk mengikuti standar kesehatan pencegahan COVID. Peserta aksi akan melakukan rapid antigen, memakai masker, hand sanitizer, dan menjaga jarak," lanjutnya.

Sementara itu, aksi May Day di daerah akan berkoordinasi dengan polres dan Satgas COVID-19 di daerah setempat. Said Iqbal meminta agar tidak ada larangan terhadap massa buruh yang hendak melakukan aksi May Day.

Tuntutan yang akan disuarakan kaum buruh dalam May Day yakni cabut atau batalkan omnibus law UU Cipta Kerja. Buruh meminta hakim MK memenangkan uji formil dan uji materiil yang diajukan buruh. Tuntutan lainnya yakni berlakukan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) 2021.

Ribuan personel gabungan TNI-Polri akan diturunkan untuk mengamankan aksi massa buruh saat May Day. Ribuan personel gabungan akan turun mengamankan May Daya di Jakarta.

"(Sebanyak) 6.394 personel kemungkinan masih akan bertambah lagi yang akan kita turunkan gabungan TNI, Polri, kemudian dari Pemda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (30/4).

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Demo Hari Buruh, Massa Akan Dipusatkan di Istana dan Gedung MK Demo Hari Buruh, Massa Akan Dipusatkan di Istana dan Gedung MK Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar