Breaking News

3 Partai Ini Diprediksi Bakal Usung Anies di Pilpres 2024, Jejak Digital Gak Bisa Bohong


Pengamat politik Jamiluddin Ritonga memprediksi ada tiga Partai politik besar kemungkinan akan mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

“Ada tiga partai berpeluang besar mengusung Anies, yaitu Nasdem, PKS, dan Demokrat,” kata Jamiluddin kepada PojokSatu.id, di Jakarta, Senin (31/5/2021).

Untuk Partai Nasdem, disebut Jamiluddin memiliki kedekatan emosional dengan Anies.

“Nasdem punya kedekatan dengan Anies, khususnya dengan Surya Paloh. Kedekatan itu sejak Nasdem masih menjadi ormas, di mana Anies sebagai salah satu pendirinya,” bebernya.

Dengan demikian, sambung dosen Universitas Esa Unggul itu, antara Nasdem dan Anies memiliki ikatan historis.

“Ikatan ini berpeluang diperkuat dengan Nasdem mengusung Anies pada Pilpres 2024,” sambungnya.

Begitu juga dengan PKS. Hubungan Partai yang diketuai Ahmad Syaikhu itu dengan Anies sudah teruji sejak mengusungnya pada pilkada DKI Jakarta 2017.

“PKS sudah jauh-jauh hari sudah kelihatan menyiapkan Anies dengan mengusungnya di Pilkada DKI Jakarta pada 2017,” ucapnya.

Semenjak saat itu, hubungan antara Anies dan PKS terus terjalin dengan baik.

“Bahkan PKS selalu yang terdepan melundungi Anies dari para pengkritiknya,” tutur penulis buku berjudul ‘Perang Bush Memburu Obama’ ini.

Peluang Pasangan AHY-Anies

Sementara itu, Partai Demokrat terlihat pada saat Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunjungi Anies Baswedan di kantornya, beberapa waktu lalu.

“Kunjungan ini sangat politis, meskipun keduanya tidak mengakuinya,” kata dia.

Peluang Anies pun makin menguat jika kemudian ia dipasangkan dengan AHY.

“Kalau ini dilakukan, maka Demokrat tanpa syarat akan mengusung Anies,” ulasnya.

Jika tiga partai itu mengusung pasangan Anies-AHY, kata dia, kemungkinan besar ambang batas capres-cawapres sudah terlampaui.

“Yaitu 25,03 persen atau 163 kursi di DPR RI. Ini artinya, koalisi ini sudah cukup untuk mengusung pasangan AHY-Anies,” tandasnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: AHY dan Anies Baswedan. Foto dok Partai Demokrat
3 Partai Ini Diprediksi Bakal Usung Anies di Pilpres 2024, Jejak Digital Gak Bisa Bohong 3 Partai Ini Diprediksi Bakal Usung Anies di Pilpres 2024, Jejak Digital Gak Bisa Bohong Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar