Breaking News

Pertamina Ternyata Tak Lapor Polisi Soal Insiden Kebakaran Kilang Minyak Balongan, Kenapa?


Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto pimpin langsung olah tempat kejadian terbakarnya kilang minyak Pertamina Balongan di Kabupaten Indramayu, Rabu (7/4/2021).

Jendral bintang tiga itu menyebut kegiatan olah TKP itu untuk mengetahui penyebab pasti meledaknya kilang minyak tersebut.

"Kita melaksanakan kegiatan olah tkp laboratorium forensik untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran. Intinya kita akan melakukan penanganan terhadap apakah ada kesengajaan atau ada kelalaian yang menjadi penyebab kebakaran," kata Agus saat memantau jalannya olah TKP di Balongan, Indramayu.

Agus mengatakan, tidak hanya soal kejadian kebakaran saja yang diselidiki. 

Pihak kepolisian juga akan mempelajari pembangunan kilang minyak tersebut.

"Karena RU 6 Balongan ini, merupakan objek vital strategis nasional yang tentunya kejadian kebakaran kemarin menjadi perhatian pemerintah dan dunia, tentunya ini harus mendapatkan, penangangan yang serius," kata dia.

Agus menyebut, hingga saat ini tidak ada laporan polisi dari pihak Pertamina terkait terjadinya kebakaran tersebut. 

Atas itupun, penyidik diminta untuk buat laporan polisi model A sebagai tindak awal penyelidikan. 

Agus pun menyebut sudah ada 52 orang yang dimintai keterangan.

"Tadi saya sudah perintahkan kepada penyidik untuk membuat laporan polisi model A, karena sampai saat ini Pertamina belum membuat laporan, pasal sangkaan sementara ini karena lalainya mengakibatkan kejadian kebakaran, ini untuk memudahkan proses klarifikasi," terangnya.

Terkait soal adanya kerugian negara, Agus menyebutkan pihaknya belum mengetahui hal tersebut. 

Namun kerugian negara pun akan didalami pihak kepolisian.

"Kemudian kita hitung juga kerugian negara. Kalau memang ada miss dalam manajemen pengelolaan nanti dari jajaran tipikor akan melakukan pendalaman," ucapnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Kilang minyak Balongan kebakaran. [ANTARA/Dedhez Anggara]
Pertamina Ternyata Tak Lapor Polisi Soal Insiden Kebakaran Kilang Minyak Balongan, Kenapa? Pertamina Ternyata Tak Lapor Polisi Soal Insiden Kebakaran Kilang Minyak Balongan, Kenapa? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar