Breaking News

NATO Mulai Tarik 9.600 Pasukannya Dari Afghanistan


Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) telah memulai proses penarikan pasukannya dari Afghanistan.

Proses penarikan pasukan dilakukan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyerukan untuk mengakhiri perang terpanjang di Afghanistan.

Bulan ini, NATO memutuskan untuk menarik pasukannya yang berjumlah 9.600 orang di Afghanistan.

"Sekutu NATO memutuskan pada pertengahan April untuk memulai penarikan pasukan Misi Dukungan Tegas pada 1 Mei dan penarikan ini telah dimulai," ujar seorang pejabat NATO kepada AFP pada Kamis (29/4).

Pejabat itu mengatakan, keselamatan pasukan NATO akan menjadi prioritas utama pada setiap langkah yang diambil.

"Setiap serangan Taliban selama penarikan akan ditanggapi dengan tanggapan yang kuat. Kami berencana penarikan kami selesai dalam beberapa bulan," tambahnya.

Biden sendiri mengumumkan akan menarik pasukan AS dari Afghanistan paling lambat pada 11 September, peringatan 20 tahun serangan 9/11 yang memicu keterlibatan militer AS di Afghanistan.

AS mengatakan pihaknya untuk sementara mengerahkan pasukan tambahan untuk melindungi pasukan internasional saat mereka mundur dan telah memperpanjang keberadaan kapal induk di wilayah tersebut untuk mendukung penarikan tersebut. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi/Net
NATO Mulai Tarik 9.600 Pasukannya Dari Afghanistan NATO Mulai Tarik 9.600 Pasukannya Dari Afghanistan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar