Breaking News

Langganan Banjir, 40 Rumah di Kampung Melayu Akan Diubah Jadi Model Panggung


Pemprov DKI Jakarta berencana merenovasi puluhan rumah di Kampung Melayu, Jakarta Timur, menjadi model panggung. Puluhan rumah tersebut berada di kawasan yang menjadi langganan banjir.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar menerangkan ada 40 rumah di RT 13 RW 04, Kampung Melayu, yang akan direnovasi berkonsep kampung vertikal. Nantinya, masing-masing memiliki 3 lantai, dan bisa dimanfaatkan untuk tempat usaha.

"Rumah warga akan dibangun berlantai tiga. Untuk bagian atasnya dijadikan rumah, lalu bagian bawahnya dibuat model panggung setinggi 3,5 meter untuk usaha dan interaksi sosial," kata Anwar melalui akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta yang dilihat detikcom, Minggu (4/4/2021).

Pembangunan dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Pemkot Jakarta Timur bersama Baznas DKI dan Karya Bakti TNI. Pihaknya menargetkan pembangunan ini rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Pembangunan ini ditargetkan rampung sebelum lebaran," jelasnya.

Dilihat detikcom, desain kampung vertikal terbagi menjadi 3 zona, yakni zona pendidikan, zona bermain dan zona ekonomi. Kemudian, ruang terbuka hijau (RTH) akan diposisikan di gang-gang yang tersedia di sekitar site.

Untuk pondasi rumah panggung akan dibuang setinggi 0,3 meter. Kemudian, lantai 1 setinggi 3,2 meter akan dibangun teras, dapur serta ruang tamu. Lantai 2 dan 3 yang masing-masing setinggi 2,4 meter dan 3,34 meter akan dibangun kamar tidur dan ruang bersama.

Tak hanya itu, Pemprov DKI juga akan menyediakan tempat pemilihan dan pengolahan sampah.

Sebagaimana diketahui, kawasan Kampung Melayu sudah 8 kali dilanda banjir tahun ini. Warga berharap pemerintah daerah mengeruk Kali Ciliwung di dekat lokasi.

Banjir tak hanya merendam RT 13. Banjir juga merendam rumah warga di RT 10 dan 11 di RW 5 Kebon Pala 2, Kampung Melayu.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: RT 13/RW04 Kampung Melayu banjir (detikcom)
Langganan Banjir, 40 Rumah di Kampung Melayu Akan Diubah Jadi Model Panggung Langganan Banjir, 40 Rumah di Kampung Melayu Akan Diubah Jadi Model Panggung Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar