Breaking News

KSPI: Unjuk Rasa Buruh 12 April Digelar di Gedung MK


Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, aksi njuk rasa buruh pada Senin (12/4/2021), akan digelar secara fisik dan virtual. 

Aksi unjuk rasa buruh akan digelar pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB. 

“Aksi ini akan dilakukan secara aksi lapangan dan aksi virtual,” kata Said Iqbal dalam konferensi pers virtual, Minggu (12/4/2021). 

Aksi massa buruh akan menuntut sejumlah hal, yakni meminta hakim Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020, khususnya klaster ketenagakerjaan. 

Kemudian, menuntut agar diberlakukan upah minimum sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) 2021. 

Selanjutnya, menolak pembayaran tunjangan hari raya (THR) Lebaran dengan cara dicicil. 

Selain itu, aksi massa buruh besok juga meminta dugaan korupsi di BPJS Ketenagakerjaan diusut tuntas oleh Kejaksaan Agung. 

“Harus diusut tuntas ditetapkan tersangkanya,” ucap Iqbal. 

Menurut Iqbal, aksi lapangan secara fisik akan digelar oleh 10.000 buruh dari 1.000 perusahaan yang tersebar di 20 Provinsi dan 150 Kabupaten/Kota dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Ia mengatakan, aksi di tingkat nasional akan dilakukan di depan Gedung Mahkamah Konstitusi. 

Sedangkan, aksi di daerah akan diakukan di depan Kantor Pemerintah Daerah setempat. 

“Kemudian dengan mengikuti standar protokol kesehatan sesuai arahan nanti petugas yang berwenang maupun Satgas Covid-19,” tuturnya.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Buruh merayakan hari buruh internasional atau May Day dengan berunjuk rasa di sekitar Patung Kuda Monas, Jakarta Pusat, Selasa (1/5/2018). Tuntutan utama mereka yaitu meminta pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan serta konsisten memberantas korupsi, meningkatkan subsidi untuk rakyat, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, energi, perumahan, dan transportasi, serta berkomitmen mewujudkan reforma agraria.(KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
KSPI: Unjuk Rasa Buruh 12 April Digelar di Gedung MK KSPI: Unjuk Rasa Buruh 12 April Digelar di Gedung MK Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar