Breaking News

Kritik Logika Gus Yaqut, PKS: Apa Salah Bila Pemeluk Agama Mayoritas Memimpin Doa?


Logika Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas yang meminta setiap agenda Kemenag diawali doa seluruh agama dipertanyakan.

“Apa yang salah jika dalam komunitas keagamaan yang majemuk, kemudian pemeluk agama mayoritas memimpin doa?” kata anggota DPR RI Fraksi PKS,  Bukhori Yusuf dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/4).

Anggota Baleg DPR RI ini menilai, ritual doa adalah praktik peribadatan terkait keyakinan dan sudah memiliki aturannya masing-masing.

Apabila praktik ritual tersebut dicampuradukkan dengan keyakinan lain, maka berdasarkan logika toleransi berpotensi menyalahi ajaran masing-masing agama. Ia menjelaskan, publik perlu kembali mendudukkan makna toleransi secara utuh dan lurus sebagaimana diajarkan Alquran dan sunnah.

"Islam secara an sich adalah agama toleran, sementara toleransi dalam Islam berlaku dalam hal muamalah (relasi sosial), bukan akidah maupun ibadah. Maka, tidak boleh seorang muslim mengikuti tata ibadah agama lain,” tegasnya.

Oleh karenanya, ia mengimbau Gus Yaqut mendiskusikan usulan itu lebih dulu bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengantisipasi munculnya sentimen masyarakat terhadap Kementerian Agama, mengingat persoalan agama adalah perkara sensitif bagi sebagian kalangan.

“Sebaiknya Menteri Agama meminta pendapat MUI. Atau lebih arif bila persoalan ini dikembalikan saja sesuai fatwa MUI,” usulnya. 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas saat mengunjungi gereja di Semarang/Ist
Kritik Logika Gus Yaqut, PKS: Apa Salah Bila Pemeluk Agama Mayoritas Memimpin Doa? Kritik Logika Gus Yaqut, PKS: Apa Salah Bila Pemeluk Agama Mayoritas Memimpin Doa? Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar