Breaking News

Imbas Mudik Dilarang, Ribuan Santri Cianjur Pulang Lebih Awal


Pengurus Pondok Pesantren Al-Ittihad Cianjur, Jawa Barat memulangkan ribuan santrinya lebih awal karena larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah sebagai upaya mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Humas Pondok Pesantren Al-Ittihad, Wandi Ruswanur mengatakan total santri di ponpes tersebut 3.265 yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat dan dari luar provinsi, awalnya akan dipulangkan serentak pada 2 Mei.

"Namun, pemerintah mengeluarkan larangan terbaru per tanggal 22 April, sehingga pengurus memajukan kepulangan seluruh santri mulai kemarin Jumat dan hari ini, Sabtu. Kloter pertama sebanyak 1.000 santri asal luar Jabar dan luar pulau," katanya, Sabtu (24/4) dikutip dari Antara.

Sementara itu yang dipulangkan Sabtu malam sebanyak 2.265 orang santri berasal dari berbagai daerah di Jabar termasuk santri asal Cianjur. Akibatnya, antrean kendaraan di area ponpes membeludak dan imbasnya ke jalan nasional yang menghubungkan Cianjur-Bandung.

"Untuk orang tua yang menjemput anaknya ke pondok dari luar kota, harus dilengkapi dengan surat keterangan bebas covid antigen, sehingga keamanan dan kesehatannya terjamin saat melakukan penjemputan," katanya.

Sementara hingga Sabtu malam, antrean kendaraan orang tua yang menjemput anaknya di Ponpes Al-Ittihad terus meningkat, sehingga berimbas terhadap arus lalu lintas di Jalan Raya Cianjur-Bandung, Kecamatan Karangtengah.

Puluhan anggota Satlantas Polres Cianjur diturunkan untuk mengatur arus lalu lintas di sepanjang lokasi agar tetap dapat melintas dengan nyaman. KBO Satlantas Polres Cianjur Iptu Yudistira mengatakan kepolisian hanya bertugas mengatur lalu lintas yang padat selama proses kepulangan santri.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Ilustrasi santri di Pondok Pesantren. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)
Imbas Mudik Dilarang, Ribuan Santri Cianjur Pulang Lebih Awal Imbas Mudik Dilarang, Ribuan Santri Cianjur Pulang Lebih Awal Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar