Breaking News

Aksi Heroik Ketua RT di Ciputat Gagalkan Aksi Perampok Bersenjata


Aksi heroik dilakukan Mahligai Kencana, warga Jalan Suka Bakti 1, Serua, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Ia yang menjabat sebagai Ketua RT setempat, bersama keponakannya, berhasil menggagalkan aksi perampok bersenjata yang menyasar sebuah rumah di wilayah tersebut.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (8/4/2021) siang kemarin. Pelaku percobaan perampokan berjumlah empat orang dengan menggunakan dua sepeda motor.

Satu perampok berhasil dibekuk Mahligai cs meski harus bertaruh nyawa lantaran ditembaki pelaku lainnya yang sebelumnya sempat kabur, lalu balik lagi karena mencoba membebaskan seorang rekannya itu.

Mahligai menceritakan, diperkirakan ada lima tembakan yang dilontarkan komplotan perampok bersenjata yang menggunakan jenis senjata airsoft gun. Dua peluru diantaranya menyasar ke Roy Fauzi (30), keponakan Mahligai, dan adik iparnya, Atam Saputra (53).

"Di ujung jalan sekira 20 meter temannya berhenti nembakin ke arah saya, nembakin lima kali. Keponakan saya kena di bagian tangannya dan adik ipar saya di bagian betis,” papar Mahligai.

"Untuk senjatanya, yang dipakai tiga orang diduga jenis FN. Sedangkan yang saya pegang jenis colt. Airsoft gun atau organik saya nggak tahu tuh," sambungya.

Foto kolase luka tembak yang diderita dua warga usai menggagalkan aksi kawanan perampok di Jalan Suka Bakti 1, Serua, Ciputat, Kota Tangsel, Kamis (8/4/2021). [Ist]

Sudah Diincar

Komplotan perampok bersenjata itu memang sudah diincar oleh warga setempat. Sebab, aksi mereka bukanlah yang pertama kali dilakukan di wilayah tersebut.

Terhitung sudah tiga kali mereka melakukan aksi perampokan di wilayah yang sama. Diaksi yang ketiga ini mereka berhasil digagalkan warga.

"Pelaku sudah tiga kali melintas ke wilayah kami. Sebulan lalu berhasil merampok di wilayah kami. Karena ketahuannya setelah kejadian. Tetapi kami punya rekaman CCTV, itu jadi ingatan kami,” tutur Mahligai.

“Setelah dua minggu perampokan pertama, mereka melintas lagi. Lalu diikuti oleh warga sampai ke luar wilayah lalu hilang, kita kehilangan jejak. Per tadi siang dia melintas lagi dan akhirnya ketahuan," tambahnya.

Kronologi Percobaan Perampokan

Mahligai menceritakan kronologi aksi percobaan perampokan bersenjata yang terjadi sekira pukul 11.30 WIB tersebut. Aksi pelaku perampokan itu sudah diintai setelah seorang diantara mereka mencoba membuka gerbang rumah warga.

Mahligai kemudian coba menghampiri komplotan perampok bersenjata itu dengan sepeda motornya setelah curiga dengan gerak-gerik mereka.

Guna mencegah komplotan itu kabur, Mahligai sengaja memalang motornya untuk menghalangi laju kedua motor perampok tersebut.

Sebelum menegur, Mahligai sempat memoto keempat perampok itu berikut dengan motor yang dikendarai. Komplotan itu kemudian menegur balik.

Kecurigaan Mahligai semakin kuat setelah para perampok bersenjata itu menyebutkan alamat rumah yang dicari tetapi salah menyebutkan nama jalan.

"Saat dia sampai di lokasi saya menghalangi motor mereka. Turun dari motor, saya langsung foto plat seri motor dan foto keempatnya. Saat ditanya katanya 'Saya cari alamat Pak Rahman pak' katanya. Tapi dia sebutin nama jalan yang salah. Saya bilang, modus ente. Tapi dia nggak senang, akhirnya saya gertak diajak ke Polsek. Setelah itu mereka berusaha kabur. Ada ponakan saya langsung jorokin dua motor itu," paparnya.

Bergelut dengan Perampok

Usai keempat perampok dan kedua motor mereka jatuh, Mahligai mencoba mengamankan satu perampok. Sedangkan tiga lainnya berhasil kabur. Satu orang membawa motor dan dua lainnya lari terbirit-birit.

Mahligai kemudian bergelut dengan seorang perampok yang coba dibekuknya itu dengan cara memiting. Pelaku berontak dan mengeluarkan senjata jenis airsoft gun.

Beruntung saat itu, ada keponakan Mahligai yang menahan tangan pelaku dan merebut senjata itu.

"Saya refleks ambil satu orang. Satu kabur ambil satu motor, dua lari. Satunya saya piting. Yang saya piting berusaha mengeluarkan senjata. Akhirnya ditekuk sama ponakan saya dan berebut senjata itu," tutur Mahligai.

Tak disangka, ketiga perampok yang sebelumnya kabur, rupanya balik lagi. Kemudian mereka mencoba menembakkan senjata ke arah Mahligai cs.

Pelaku perampokan babak belur dimassa usai aksinya berhasil digagalkan warga Jalan Suka Bakti 1, Serua, Ciputat, Kota Tangsel, Kamis (8/4/2021). [Ist]

Babak Belur

Setelah kurang lebih 15 menit Mahligai cs bergelut dengan satu pelaku perampokan, warga lainnya mulai berdatangan. Warga yang emosi kemudian menghadiahi perampok bersenjata yang tertangkap itu dengan bogem mentah hingga babak belur.

"Ada mungkin 10-15 menit berusaha menjatuhkan satu pelaku yang dipiting. Berhasil jatuh dan diikat,” ujarnya.

"Setelah itu mulai banyak warga yang kesal akhirnya babak belur. Sebelum semakin parah diamuk warga saya bawa ke Pospol. Di tengah jalan ada anggota datang dan langsung diamankan ke Polsek," beber Mahligai.

Pasca aksi percobaan perampokan yang berhasil digagalkan ini, Mahligai pun meminta warga untuk waspada. Terutama kepada orang-orang yang tak dikenal dan beraktivitas di lingkungan mereka.

"Saya dari sebelum kejadian pertama sebulan yang lalu mengimbau warga untuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan warga. Kalau ada yang enggak kenal boleh dong kita tanya siapa, ada perlu apa sehingga mencegah tindak kejahatan," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Ciputat Timur Kompol Jun Nurhaida Tampubolon membenarkan adanya aksi percobaan perampokan bersenjata yang digagalkan warga tersebut.

Menurutnya, satu terduga pelaku perampokan kini sudah diamankan di Mapolsek Ciputat Timur.

"Iya benar, kejadiannya tadi siang. Saat ini satu orang pelaku kita amankan. Tetapi informasi detail masih nunggu besok, karena saat ini masih penyelidikan," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (8/4/2021) malam.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Satu pelaku perampokan bersenjata babak belur dimassa usai aksinya berhasil digagalkan warga Jalan Suka Bakti 1, Serua, Ciputat, Kota Tangsel, Kamis (8/4/2021). [Ist]
Aksi Heroik Ketua RT di Ciputat Gagalkan Aksi Perampok Bersenjata Aksi Heroik Ketua RT di Ciputat Gagalkan Aksi Perampok Bersenjata Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar