Breaking News

Ubedilah Badrun: Mereka Yang Sowan Ke Gibran Adalah Pendukung Dinasti Politik


Kunjungan sejumlah elite partai politik sowan ke Solo menemui putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka merupakan hal biasa dan tidak ada istimewa.

Analis sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun menilai bahwa sejumlah petinggi parpol datang menemui Gibran karena merasa bagian dari partai pendukung di Pilkada Solo 2020 kemarin.

"Itu soal panggung depan politik lokal karena mereka waktu pilkada adalah partai pendukung Gibran. Pendukung dinasti politik," ujar Ubedilah kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (30/3).

Ubedilah mengingatkan kepada masyarakat bahwa elite parpol yang menemui Gibran adalah pendukung perilaku yang dibenci rakyat saat reformasi 1998.

Ini lantaran mereka mendukung dinasti politik. Sementara dinasti politik dekat dengan nepotisme sehingga ditolak oleh gerakan reformasi 1998.

“Selain itu dinasti politik juga merusak kualitas demokrasi. Dalam kasus Gibran itu masuk kategori dinasti politik elektoral, yaitu memanfaatkan pengaruh kekuasaan sang ayah untuk memperluas dan memperbanyak penguasa baru di daerah yang dikendalikan oleh pusat kekuasaan," jelasnya.

Ubedilah melanjutkan, meski dipilih melalui pemilu, Gibran tetap saja bisa dibilang mendapatkan tumpahan dukungan elektoral karena pengaruh Jokowi yang masih menjabat sebagai presiden.

"Kalau bukan anak Presiden mungkin ceritanya akan berbeda. Dia tidak sabar, terlalu bernafsu untuk berkuasa atau mungkin lebih tepat disebut politik aji mumpung. Sesuatu yang memalukan dalam etika politik Jawa," pungkas Ubedilah.

Elite parpol yang menemui Gibran antara lain, Sekretariat Jenderal (Sekjen) Gerindra, Ahmad Muzani dan beberapa petinggi Gerindra lainnya pada Minggu (28/3).

Selain itu ada juga Ketua Umum (Ketum) DPP PKB Muhaimin Iskandar pada Rabu, (24/3). Kemudian disusul Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gelora, Fahri Hamzah pada Sabtu (27/3). 

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Analis sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun/Net
Ubedilah Badrun: Mereka Yang Sowan Ke Gibran Adalah Pendukung Dinasti Politik Ubedilah Badrun: Mereka Yang Sowan Ke Gibran Adalah Pendukung Dinasti Politik Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar