Breaking News

Habib Rizieq Berontak di Lorong Rutan Sebelum Sidang Dakwaan


Sidang Habib Rizieq Syihab penuh drama. Dia menolak mengikuti sidang virtual karena bersikeras ingin hadir langsung di ruang sidang. Drama telah terjadi sejak di lorong rumah tahanan (rutan) sebelum sidang dimulai.

Drama yang sungguhan ini terlihat di kanal YouTube Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Jumat (19/3) pagi hari kemarin. Dia merasa dipaksa untuk menghadiri sidang secara virtual, padahal dia tidak mau.

"Kan saya tolak sidang online. Kok saya dipaksa begini?" ujar Rizieq.

Seharusnya, dia menghadiri sidang kasus kerumunan di Pertamburan dan Megamendung, serta sidang kasus hoax tes usap (swab test) COVID-19. Rizieq bisa mengikuti sidang secara online di kantor Bareskrim Polri Jakarta Selatan, sedangkan Majelis Hakim dan jakasa berada di PN Jaktim.

"Bukan tidak menghadiri sidang. Saya hendak mengikuti sidang offline, hadir di ruang sidang. Sidang online saya tidak siap. Saya sudah sampaikan alasannya," ucap Rizieq di lorong rutan.

Rizieq tidak mau sidang online karena khawatir disabotase, tidak lancar berkomunikasi dengan pengacara, dan merugikan dirinya sebagai terdakwa.

Dia kemudian menunjuk orang yang membawa kamera. Dia merasa ditipu karena direkam dan ditayangkan live di ruang sidang.

"Ini kan ditayangkan di ruang sidang, kan. Berarti Anda ingin menipu saya, di lorong rutan ini Anda ingin jadikan sebagai ruang sidang. Jangan dagelan, jangan sinetron kita," ucapnya.

"Matikan, saya nggak rela," sambungnya.

Jaksa di PN Jaktim menyebut Rizieq melawan saat hendak dibawa dari rutan ke ruang sidang virtual di kantor Bareskrim Polri, di kawasan Jakarta Selatan. Jaksa menyebut Habib Rizieq dalam keadaan sehat sehingga tak ada alasan untuk absen di persidangan.

"Di rutan Bareskrim, bahwa terjadi perlawanan antara petugas dan Terdakwa. Kami berusaha menghadirkan Terdakwa," ujarnya.

Jaksa menyatakan tak perlu negosiasi dengan Rizieq. Polisi dan pengawan rutan harus bisa menghadirkan Rizieq ke persidangan (secara online) dengan cara apapun.

Akhirnya Rizieq berhasil dibawa ke depan kamera sidang online. Sidang dakwaan dimulai, namun Rizieq tetap menolak disidang secara online.

Diterbikan: oposisicerdas.com
Foto: Screenshot live streaming sidang Habib Rizieq (dok. YouTube PN Jaktim)
Habib Rizieq Berontak di Lorong Rutan Sebelum Sidang Dakwaan Habib Rizieq Berontak di Lorong Rutan Sebelum Sidang Dakwaan Reviewed by Oposisi Cerdas on Rating: 5

Tidak ada komentar